PEMBERITAHUAN KEPADA KHALAYAK UMUM: Bahwa menyangkut jejaring sosial khususnya facebook dengan akun "Sinar Ngawi" hanya sebagai tempat Sharing Link Berita saja. Bila ada akun FB dengan kemiripan nama dan atau beberapa ada history foto,catatan, yang ternyata untuk menawarkan jual beli "ONLINE" maka bukan tanggungjawab kami.----TTD Admin/ceo media SN ----
Custom Search

Jumat, 24 Desember 2010

Home > > BUPATI NGAWI GELIATKAN PEREKONOMIAN PEDESAAN

BUPATI NGAWI GELIATKAN PEREKONOMIAN PEDESAAN

| SINAR NGAWI™ |
portal pemberitaan Ngawi| Berita | Kabar | Warta | info | NEWS | terbaru | 
terkini | hari ini | LPSE NGAWI |

NGAWI™ Ternyata dijawab dengan tegas oleh Kepala Dengan Semangat Hari Ibu 2010, Kabupaten Ngawi menggeliatkan Koperasi Dan UMKM khususnya untuk kaum Ibu, dengan harapan sedikit banyak para wanita juga bisa ikut menopang jalannya perekonomian ditingkat paling dasar yaitu dalam Rumah Tangga.


NGAWI. Untuk mendorong pertumbuhan Koperasi dan UMKM di pedesaan khususnya Kelompok Perempuan Desa Hutan (KPDH) Kabupaten Ngawi.

LSM Palapa mendorong peran aktif kelompok perempuan untuk meningkatkan ekonomi keluarga melalui kegiatan usaha ekonomi produktif dengan melakukan dialog interaktif dengan pihak Pemkab dan pihak Perhutani, dilapangan Deso Dero, Kecamatan Bringin, Kamis (23/12).

Acara yang dihadiri Bupati Ngawi,Ir Budi Sulistyono, Asisten Deputi Urusan Ekonomi Perempuan pada Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Ir.Sulikanti Agusni,Msc, Dirjen Pemasaran Perhutani, Dr.Ir Moh Fahrozy,MM.

Sulikanti pada kesempatan tersebut menjelaskan prestasi yang luar biasa bagi Kabupaten Ngawi telah dapat memberdayakan perempuan melalui Kelompok Perempuan Desa Hutan (KPDH) yang dalam perkembangannya telah membentuk Koperasi Wanita dan yang tak kalah hebatnya adalah perkembangan selanjutnya dimana desa – desa non hutan ikut serta berlomba – lomba membentuk Koperasi Wanita yang menjadikan Kabupaten Ngawi adalah satu – satunya daerah yang telah memiliki Koperasi Wanita di setiap desa, total ada 217 Kopwan di 217 desa di seluruh kabupaten ngawi dan semuanya telah berbadan hukum, sehingga Kabupaten Ngawi oleh Kementerian PP dijadikan model untuk menjadi inspirasi pengembangan desa Prima di Seluruh Indonesia.

Di sisi lain dampak keberhasilan perkembangan KPDH yang ada di Ngawi ini akhirnya direspon oleh Gubernur Jatim, Soekarwo dengan memberikan bantuan HIBAH sebesar Rp. 25.000.000,- per KPDH/Kopwan yang ada di Ngawi sejumlah 95 KPDH (Tahun 2009) dan juga pada Tahun 2010 bantuan untuk 122 Desa di luar KPDH yang disalurkan melalui Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian Propinsi Jawa Timur melalui Dinas Koperasi UMKM clean perindustrian Kab. Ngawi.

Di tambahkan pula menurut Dirjen Pemasaran Perhutani, Moh Fahrozy, keberhasilan semua program KPDH tergantung pada tingkat gangguan hutan, semakin mengecil tingkatan ganguan hutan berati pemberdayaan masyarakat desa hutan termasuk perempuanya bias dikatakan cukup berhasil.

“Karena bukan alasan lagi kalau pihak Perhutani untuk memberikan kesejahteraan bagi masyarakat desa hutan” kata Moh Fahrozy. Lebih lanjut Fahrozy, bentuk riil pihak Perhutani melakukan sharing sebesar 25 persen kepada Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) yang salah satunya kepada KPDH. (pr)

Artikel Terkait



0 komentar:

Poskan Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda