PEMBERITAHUAN KEPADA KHALAYAK UMUM: Bahwa menyangkut jejaring sosial khususnya facebook dengan akun "Sinar Ngawi" hanya sebagai tempat Sharing Link Berita saja. Bila ada akun FB dengan kemiripan nama dan atau beberapa ada history foto,catatan, yang ternyata untuk menawarkan jual beli "ONLINE" maka bukan tanggungjawab kami.----TTD Admin/ceo media SN ----
Custom Search

Kamis, 27 Oktober 2011

Home > > SMA KP PARON: SAMBUT SUMPAH PEMUDA DENGAN RENUNGAN BERSAMA

SMA KP PARON: SAMBUT SUMPAH PEMUDA DENGAN RENUNGAN BERSAMA

|NGAWI SINAR NGAWI | portal pemberitaan Ngawi|Berita Kabar Warta info terbaru seputar SMA Karya Pembangunan (KP) Paron, apresiasikan Hari Sumpah Pemuda yang ke-83 dengan menggelar renungan bersama,(27/10). Tak kurang dari 40 pelajar putra -putri,bergantian bacakan puisi yang bertemakan kebangsaan. Dan siapa sangka, Sekolah yang di-CAP sekolah buangan ini ternyata mampu menetaskan lulusan yang sekarang menjadi ketua DPRD Ngawi

Gaung menyambut peringatan Sumpah Pemuda tahun ini nyaris tak terdengar. Padahal, peristiwa itu merupakan tonggak sejarah persatuan dan kesatuan bangsa yang mewarisi semangat nasionalisme para pemuda. Ikrar pemuda pada saat itu menorehkan tiga inti gagasan perekat bangsa, yakni satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa, Indonesia. Dalam Kongres Pemuda 1928 tersebut, juga diputuskan lagu kebangsaan "Indonesia Raya" dan bendera Merah Putih. Dengan lunturnya nilai kebangsaan tersebut SMA Karya Pembangunan (KP) Paron mengapresiasikan diri dengan menggelar renungan bersama malam peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-83 tahun, Kamis (27/10). Renungan sendiri diikuti tidak kurang dari 40 siswa terdiri dari pelajar putra dan putri.

Dalam renungan di isi dengan pembacaan puisi secara bergantian yang bertemakan kebangsaan dari para siswa. Menurut Bagus Suyono salah seorang Pembina dari SMA KP Paron mengatakan, dengan tergerusnya moral bangsa menjadi persoalan tersendiri bagi pemuda yang berperan langsung dan bertanggung jawab terhadap generasi bangsa. “Akan lebih tragis jika kaum muda terpengaruh dan menuruti jejak keadaan bangsa yang memburuk. Ini tidak kita kehendaki. Kaum muda adalah harapan seluruh warga, sama dengan harapan di masa lalu, saat Sumpah Pemuda dikumandangkan,”jelas Bagus Suyono. Selain renungan yang digelar setiap tahunya menjelang perayaan Hari Sumpah Pemuda, renungan lebih dititik beratkan sebagai wahana intropeksi akan nasib bangsa kedepan, Bagus Suyono, lebih mengedepankan peran aktif dari SMA KP Paron didalam mengimplementasikan makna Hari Sumpah Pemuda. Selain itu SMA KP kerap kali di cap sebagai sekolahan buangan yang identik dengan kekerasan semata. “Jadi tidak benar kalau sekolahan disini menyandang sebutan seperti itu, malah SMA KP Paron tidak jarang mencetak generasi yang berhasil menempati posisi penting di Negara ini,” kilah Bagus Suyono.

Ungkapan Bagus Suyono dibenarkan oleh salah satu alumni SMA KP Paron,Dwi Rianto Jatmiko.SH ,yang menjabat Ketua DPRD Kabupaten Ngawi periode 2009-2014. Kata Antok (sapaan akrab Dwi Rianto Jatmiko-red), sebagai alumni SMA KP dirinya merasa bangga sebagai generasi yang digembleng dari sekolahan itu. Malah Antok mengharapkan, terhadap pelajar SMA KP saa ini jangan merasa kecil hati dengan predikat sebagai sekolahan buangan. Kemudian terkait dengan Hari Sumpah Pemuda, Dwi Rianto Jatmiko.SH, menegaskan pemuda merupakan obyek dari suatu bangsa pemuda dan pemudi harus memiliki kepedulian dan atau tanggap terhadap kepekaan sosial yang tinggi dan bisa membantu memberikan kontrol sosial dalam hidup bermasyarakat. Tambah Ketua DPRD Ngawi, Kaum muda tetap menduduki posisi penting pada setiap perubahan tatanan sosial. Ini juga terjadi di Indonesia. Arah dan perjuangan bangsa terletak pada sikap kritis dari kaum muda. Perbaikan keadaan yang buruk tertumpu pada kaum muda. “Sebagai salah satu pemuda sangat berharap agar jiwa nasionalisme kembali terbangun mulai dari semangat sumpah pemuda yang satu bangsa, satu tanah air dan satu bahasa persatuan Indonesia,” ungkapnya. (pr-SN)

Artikel Terkait



0 komentar:

Poskan Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda