PEMBERITAHUAN KEPADA KHALAYAK UMUM: Berhubung maraknya SMS ataupun Telepon yang mengatasnamakan Blog Media Sinar Ngawi, yang isinya meminta-minta sesuatu, diharapkan untuk lebih waspada dan hati-hati dan tidak menanggapi hal tersebut
Custom Search

Selasa, 26 November 2013

Home > > KPUD Ngawi Optimis Pemilu 2014 Bakal Sukses

KPUD Ngawi Optimis Pemilu 2014 Bakal Sukses

Daftar DPT Kabupaten

NGAWI™ Pemutakhiran data pemilih terus dilakukan pihak KPUD Kab. Ngawi. Proses perbaikan DPT sejauh ini dilakukan dengan cara menyandingkan DPT yang telah ditetapkan pada tanggal 1 November 2013 lalu dengan Data Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4) yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri.

Surat Ashari Ketua KPUD Kabupaten Ngawi menjelaskan Pemilu 2014 mendatang pihaknya optimis akan sukses digelar karena selama ini penyelenggara ditingkat daerah selalu melakukan revisi ulang terkait DPT.

“Kita ini yang ada hanya siap kerja penuh waktu mempersiapkan data pemilih yang betul-betul valid,” jelasnya, Selasa (26/11).

Selain itu, pihaknya juga melakukan sinkronisasi nomor induk kependudukan (NIK) dan data ganda versi portal Sistem Data Pemilih (Sidalih) KPU dengan DP4 serta hasil penyandingan DPT dengan DP4 Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri.

Kemudian Surat sesuai bebernya proses DP4 telah dilakukan sejak awal tahun lalu yang diberikan oleh pihak Pemkab Ngawi terutama dari Disdukcapil.

Jumlah DP4 tahun 2013 jika dibandingkan dengan jumlah pemilih pada pemilukada tahun 2010 terjadi penurunan.

‘’Kalau pada pemilukada tahun 2010 jumlah pemilih adalah 738.970, sedangkan DP4 sekarang ini adalah 656.563,’’ terang Surat Ashari.

Lebih lanjut dijelaskannya penurunan tersebut kemungkinan karena adanya program KTP elektronik.

Sehingga KTP yang ganda sudah bisa diidentifikasi dan dihilangkan. Ia berharap bahwa DP4 ini benar-benar mendekati valid. Sehingga petugas pemutakhiran data pemilih nantinya tidak terlalu kesulitan untuk membuat daftar pemilih yang akurat.

Sementara Kepala Dispendukcapil Kabupaten Ngawi Sugeng mengaku data yang diserahkan kepada KPUD Kabupaten Ngawi tersebut sudah terintegrasi atau terkoneksi dengan sistem informasi dan administrasi kependudukan (SIAK) serta pendataan KTP Elektronik. (pr)

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda