PEMBERITAHUAN KEPADA KHALAYAK UMUM: Berhubung maraknya SMS ataupun Telepon yang mengatasnamakan Blog Media Sinar Ngawi, yang isinya meminta-minta sesuatu, diharapkan untuk lebih waspada dan hati-hati dan tidak menanggapi hal tersebut
Custom Search

Rabu, 13 November 2013

Home > > Majukan Perekonomian Daerah, Bupati Ngawi Lantik 29 Pengurus KKMB

Majukan Perekonomian Daerah, Bupati Ngawi Lantik 29 Pengurus KKMB

Bank Jatim Cabang Ngawi Dan BRI Unit

NGAWI™ Bupati Ngawi Ir Budi Sulistyono mengukuhkan 29 orang pengurus dang anggota Konsultan Keuangan Mitra Bank (KKMB) Kabupaten Ngawi. Hadir dalam kesempatan tersebut, pimpinan Bank Indonesia, Matsisno, pimpinan Bank Jatim Cabang Kediri, Direktur Bank BPR Jatim, asisten dan segenap Kepala SKPD di lingkungan Pemkab Ngawi, Rabu (13/11).

Sebelum pengukuhan ini, sejumlah tahapan telah dilalui oleh anggota KKMB, mulai dari tes wawancara, BI Checking, diklat, ujian tulis dan terjun ke lapangan untuk mendampingi UMKM dalam mendapatkan kredit dari bank. Setelah melalui berbagai tahapan tersebut, barulah calon KKMB dinyatakan lulus oleh BI.

Bupati Ngawi Ir Budi Sulistyono menyampaikan bahwa dengan kondisi wilayah Ngawi yang menjadi jalur lalu-lintas wilayah kabupaten sekitarnya dan hal ini sangat menguntungkan bagi perkembangan UMKM .

Mbah Kung sapaan akrab Ir Budi Sulistyono meminta agar KKMB mampu memfasilitasi perbankkan mempermudah kredit bagi UMKM, mengingat UMKM telah terbukti mampu bertahan menghadapi krisis ekonomi.

Terlebih permasalahan market harus tersedia sehingga produsen tidak kebingungan terhadap pasar.

“Kita berharap pelaku UMKM ini mampu mengerti bagaimana manfaat Bank, sehingga Bank yang dimaksud difasilitasi oleh KKMB, selain itu terutama mengenai market jangan sampai kita ini hanya bisa produksi tanpa memahami serta menguasai market,” terangnya.

Terkait realita keuntungan UMKM sendiri Mbah Kung memaparkan pihak Bank jangan hanya memandang dari sisi bankable menyangkut anggunan seperti sertifikat karena akan menghambat pertumbuhan UMKM sendiri.

Akan tetapi kebijakan Bank tentu diharapkan melalui auditable sehingga hasil produksi dan market menjadi tanggunganya. Dan selaku Bupati Ngawi, Mbah Kung dengan adanya KKMB akan bermuara pada berkembangnya pengusaha mikro kecil maupun menengah.

Sementara Matsisno Kepala Perwakilan Bank Indonesia untuk Kediri menyampaikan bahwa setiap kantor cabang BI berkomitmen untuk memajukan perekonomian daerah yang termasuk dalam wilayah kerjanya.

Lebih-lebih terhadap Kabupaten Ngawi, BI wilayah Kediri benar-benar memberikan perhatian mengingat PDRB Kabupaten Ngawi seiring perjalanan waktu terus meningkat bahkan di tahun 2012 menyentuh angka 6,58 persen.

Tambahnya, bahwa KKMB Kabupaten Ngawi telah berhasil menghubungkan UMKM dengan tiga bank di wilayah Ngawi. Setidaknya 13 UMKM ditambah 6 kelompok tani dan ternak telah mendapatkan kredit dengan total nilai sebesar Rp 1,7 miliar.(pr)

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda