PEMBERITAHUAN KEPADA KHALAYAK UMUM: Berhubung maraknya SMS ataupun Telepon yang mengatasnamakan Blog Media Sinar Ngawi, yang isinya meminta-minta sesuatu, diharapkan untuk lebih waspada dan hati-hati dan tidak menanggapi hal tersebut
Custom Search

Senin, 29 September 2014

Home > > Disnakan Kabupaten Ngawi Periksa Kesehatan Hewan Kurban

Disnakan Kabupaten Ngawi Periksa Kesehatan Hewan Kurban

berita tentang harga hewan kurban

NGAWI™ Tim kesehatan Dinas Perikanan dan Peternakan (Disnak) Kabupaten Ngawi lakukan inspeksi mendadak (sidak) ke pasar hewan tepatnya di Desa Kandangan, Kecamatan Ngawi Kota. Hal ini dilakukan guna memastikan bahwa hewan ternak kurban Idul Adha itu aman dari penyakit beresiko khususnya penyakit anthrax, (29/09).

“Setelah kita lihat secara bersama tadi sebagian besar kondisi hewan sapi dan kambing lumayan bagus kondisinya hanya satu dua yang terkena penyakit itupun jenis penyakit mata dan sifatnya tidak membahayakan. Sedang untuk penyakit anthrax hewan yang kita periksa semuanya aman,” terang Sunito Kepala Disnak Kabupaten Ngawi.

Terkait hasil sidak, dengan ditemukan penyakit mata Disnak sendiri tetap merekomendasikan untuk tetap dipasarkan dengan alasan penyakit mata tidak beresiko dan berpotensi menular kepada manusia.

“Pada dasarnya sidak yang dilakukan ini tidak ingin hewan ternak calon kurban ini mengidap penyakit beresiko seperti Anthrak, Rabies, Pes, dan Flu Burung termasuk leptospirosis yang dikhawatirkan menular terhadap manusia. Sedang sapi yang terkena penyakit mata dagingnya masih layak dikonsumsi,” ungkapnya.

Sunito menyatakan, mendekati Idul Adha nanti, Disnak akan terus akan melakukan pengawasan intensif ke sejumlah tempat penampungan hewan ternak calon kurban.

Tidak hanya menyangkut penyakit hewan calon korban Disnak setempat tetap melakukan kegiatan serupa yang diarahkan terhadap sejumlah daging dalam rangka mengantisipasi adanya daging berformalin atau gelonggongan yang diedarkan di pasar.
Pewarta: Purwanto
Editor: Kuncoro



Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda