PEMBERITAHUAN KEPADA KHALAYAK UMUM: Berhubung maraknya SMS ataupun Telepon yang mengatasnamakan Blog Media Sinar Ngawi, yang isinya meminta-minta sesuatu, diharapkan untuk lebih waspada dan hati-hati dan tidak menanggapi hal tersebut
Custom Search

Kamis, 18 September 2014

Home > > Tingkatkan Mutu Panen, Petani Tembakau Ngawi Studi Banding Ke Temanggung

Tingkatkan Mutu Panen, Petani Tembakau Ngawi Studi Banding Ke Temanggung

cara menanam tembakau

NGAWI™ Setidaknya delapan kelompok tani tembakau asal Kabupaten Ngawi, melakukan studi banding pada tanggal 28 – 29 Agustus 2014 lalu kedarah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Dari kegiatan tersebutkan diharap petani tembakau ini nantinya akan mampu memaksimalkan teknis penanaman tembakau sehak dini hingga pada musim panen.

Dimana sekarang ini Kabupaten Temanggung dikenal salah satu daerah penghasil tembakau yang sukses bekerjasama dengan pabrik rokok. Ervan Cahyono Kabid Perencanaan dan Pengendalian Dinas Hutbun Kabupaten Ngawi mengungkapkan agenda studi banding petani tembakau ke luar daerah merupakan kegiatan rutin setiap tahunya.

“Tujuan studi banding ini agar para petani tembakau yang diwakili 8 kelompok dari 3 kecamatan guna menambah wawasan tentang tembakau itu sendiri,” jelasnya.

Ervan menjelaskan, area tembakau di wilayah Ngawi terhitung sampai 2014 mencapai 2.797,31 Ha terdiri dari 1.110,31 Ha untuk tembakau RAM (Tembakau Madura) dan 1.687 Ha untuk Tembakau Jawa (Lokal).

Sedangkan di Kabupaten Temanggung, area tanaman tembakau lebih luas serta kualitas tembakau yang dihasilkan lebih bagus dan harganya lebih tinggi. Ditegaskan, Dengan adanya studi banding ini yang terpenting bisa menambah wawasan budidaya tembakau dan bias menerapkan pola kemitraan tanaman tembakau.

Terkait kendala harga tembakau yang akhir-akhir ini merosot Irwan juga tidak menampik kenyataan tersebut, dengan permasalahan ini pihaknya telah memfasilitasi kerjasama dengan Perusahaan rokok dengan pedagang tembakau sekitar 4 bulan sebelumnya.
Pewarta: Purwanto
Bersponsor



Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda