PEMBERITAHUAN KEPADA KHALAYAK UMUM: Berhubung maraknya SMS ataupun Telepon yang mengatasnamakan Blog Media Sinar Ngawi, yang isinya meminta-minta sesuatu, diharapkan untuk lebih waspada dan hati-hati dan tidak menanggapi hal tersebut
Custom Search

Rabu, 09 Maret 2016

Home > > Ribuan Umat Islam Di Ngawi Serentak Lakukan Shalat Gerhana

Ribuan Umat Islam Di Ngawi Serentak Lakukan Shalat Gerhana

Terjadinya Gerhana matahari total (GMT) di Ngawi hanya sekitar 50%

SINAR NGAWI™ Ngawi-Meski terjadinya gerhana matahari total hanya sekitar 50 persen hingga 60 persen saja, namun ribuan umat Islam di Kabupaten Ngawi menggelar shalat gerhana yang dilaksanakan menyebar di berbagai masjid di 19 kecamatan yang ada. Sementara, ibadah yang dilaksanakan di masjid Agung Baiturrahman, dipimpin langsung oleh Imam besar Masjid Agung Baiturrahan Ngawi, KH. Samsudin Mustaqim.

“Ibadah ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat Tuhan dalam bentuk fenomena alam yang sangat langka. Bagi umat Islam, sholat gernana merupakan bagian dari ibadah yang diajarkan Nabi Muhammad baik saat terjadi gerhana matahari dan gerhana bulan,” terang Salim Ngulamin, pengurus Masjid Agung Baiturrahman.

Sementara itu, pemerintah setempat berharap agar umat Islam menjadikan momentum gerhana matahari untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan yang maha esa, serta memahami gerhanan matahari sebagai fenomena alam biasa meskipun jarang terjadi.

Dapat disampaikan pula, shalat gerhana selain dipusatkan di Masjid Agung Baiturrahman, kegiatan sholat kusuf juga dilaksanakan di berbagai masjid yang tersebar di 19 kecamatan.

Shalat dilakukan bersamaan dengan gerhanan matahari sekitar pukul 07.25 WIB hingga pukul 08.29 WIB.
Pewarta: kun
Editor: Kuncoro


Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda