PEMBERITAHUAN KEPADA KHALAYAK UMUM: Berhubung maraknya SMS ataupun Telepon yang mengatasnamakan Blog Media Sinar Ngawi, yang isinya meminta-minta sesuatu, diharapkan untuk lebih waspada dan hati-hati dan tidak menanggapi hal tersebut
Custom Search

Minggu, 23 Juli 2017

Home > > Tingkatkan Mutu Akses Jalan Guna Perkuat IKM Dan Pertanian

Tingkatkan Mutu Akses Jalan Guna Perkuat IKM Dan Pertanian

Profil desa jogorogo kabupaten Ngawi

SINAR NGAWI™ Jogorogo-Guna menunjang akses baik dari sektor pertanian maupum produk usaha Industri Kecil Menengah (IKM) berupa produksi kripik singkong, Desa Jogorogo, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi melakukan perbaikan diberbagai infrastruktur utamanya jalan. Nur Ekawati, Kades setempat menuturkan bahwa, dengan melakukan rabatisasi jalan diharap mampu mengangkat kesejahteraan warga.

“Selain potensi pertanian yang masih menjadi unggulan, untuk usaha rumahan berupa IKM, juga perlu perhatian serius dan perbaikan infrastruktur rabatisasi jalan tentunya bisa mendongkrak ekononomi warga,” terang dia.

Masih menurutnya, dengan pembangunan yang didanai Dana Desa (DD) tahun anggaran 2017, berupa rabatisasi jalan di Dusun Balepanjang Desa Jogorogo, juga sebagai akses sarana keshatan maupun pendidikan di wilayahnya.

“Keberadaan akses jalan yang layak sangat vital guna menunjang berbagai segi kemasyarakatan, baik ekonomi, kesehatan maupun pendidikan,” terangnya lagi.

Desa Jogorogo yang mempunyai ketinggian 150,00 Meter Di Atas Permukaan Laut (MDPL) berada sekitar 11 KM dari puncak Gunung Lawu serta 29 KM dari pusat pemerintahan kabupaten, mempunyai luas 718,24 Ha.

Bebrapa lembaga yang berkembang diantaranya, 1 lembaga koperasi simpan pinjam dan 40 kelompok simpan pinjam.

Penduduknya sendiri sebgaian besar adalah petani dengan luas wilayah menurut penggunaan, yakni tanah sawah sekitar 314,94 Ha, tanah kering 336,94 Ha.

Untuk batas desa, Sebelah utara Desa Dawung dan Desa Tanjung Sari, sebelah selatan Desa Kletekan dan Desa Brubuh, sebelah timur Desa Macanan dan bagian barat berbatasan langsung dengan Desa Setono.

Sebagai penunjang kesehatan warga, Desa Jogorogo juga terdapat beberapa layanan kesehatan, diantaranya, Puskesmas 1 unit, Apotik 2 unit, Posyandu 5 unit serta jumlah rumah atau kantor praktek dokter ada 1 unit.

Sedangkan sarana dan prasarana pendidikan, Gedung SMA/sederajat ada 2 lembaga, SMP 1 lembaga dan SD sederajat ada 5 lembaga serta TK dan Tempat Bermain Anak sebanyak 11 lembaga.
Pewarta: Kun/An
Editor: Kuncoro


Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda