PEMBERITAHUAN KEPADA KHALAYAK UMUM: Berhubung maraknya SMS ataupun Telepon yang mengatasnamakan Blog Media Sinar Ngawi, yang isinya meminta-minta sesuatu, diharapkan untuk lebih waspada dan hati-hati dan tidak menanggapi hal tersebut
Custom Search

Jumat, 03 November 2017

Home > > Desa Kauman Libatkan Masyarakat Dalam Melakukan Pembangunan

Desa Kauman Libatkan Masyarakat Dalam Melakukan Pembangunan

Profil Desa Kauman Ngawi

SINAR NGAWI ™ Ngawi-Desa Kauman merupakan satu dari 12 desa yang ada di Kecamatan Widodaren Kabupaten Ngawi, dengan luas 807.7 Ha, dan sebagian besar warganya adalah petani. Sudarmanto, kepala Desa setempat menjelaskan, dengan adanya infrastruktur jalan yang layak, maka akan mendongkrak ekonomi wrga, serta memajukan bidang pendidikan dan kesehatan masyarakat.

“Dengan pembangunan pavingisasi jalan, maka hasil sektor pertanian akan diperlancar, sehingga hal ini bisa berdampak positif bagi warga,” terang dia.

Tambahnya, lokasi wilayah yang diutamakan dalam pelaksanaan pekerjaan beton paving masuk wilayah Dusun Wonosari yang terbagi menjadi dua ruas dengan total anggaran Rp.215.288.000 menggunakan Dana Desa (DD), tahun anggaran 2017.

“Selain untuk memperlancar akses produksi pertanian, juga sebagai sarana mempermudah pelayanan, baik dari segi pendidikan maupun kesehatan,” urainya lagi.

Desa kauman sendiri terbagi menjadi 4 dusun, antara lain Dusun Wonosari, Kauman, Grenteng serta Dusun Paldaplang. Dengan jumlah penduduk sekitar 6283 jiwa, yang termasuk golongan kjeluarga prasejahtera ada sejumlah 948 Kepala Keluarga (KK).

Sementara, Desa yang terdiri dari 9 RW yang terbagi menjadi 30 RT ini, berjarak sekitar 27 Km menuju pusat pemmerintahan kabupaten, dalam menjalankan roda pemerintahan lebih mengedepankan pendekatan partisipasif dengan melibatkan beberapa lembaga desa maupun masyarakat.

“Semua ini guna mewujudkan rasa kebersamaan, sehingga hasil dari kesepakatan bersama merupakan pokok-pokok pikiran masyarakat yang tentu saja untuk membangun Desa Kauman lebih baik lagi,” Pungkas Sudarmanto.
Pewarta: Kun/pAn
Editor: Kuncoro


Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda