PEMBERITAHUAN KEPADA KHALAYAK UMUM: Berhubung maraknya SMS ataupun Telepon yang mengatasnamakan Blog Media Sinar Ngawi, yang isinya meminta-minta sesuatu, diharapkan untuk lebih waspada dan hati-hati dan tidak menanggapi hal tersebut
Custom Search

Jumat, 24 November 2017

Home > > Gelar Simulasi Bencana Alam, Kodim 0814 Jombang Evakuasi Korban Meninggal

Gelar Simulasi Bencana Alam, Kodim 0814 Jombang Evakuasi Korban Meninggal

Desa Kademangan Kecamatan Mojoagung Jombang

SINAR NGAWI™ Jombang-Puluhan korban terseret arus banjir serta korban reruntuhan pohon tumbang warga Desa Kademangan Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang, dievakuasi oleh tim gabungan dari Komando Resort Militer 082 Citra Panca Yudha Jaya. Demikian jalannya simulasi Latihan Penanggulangan Bencana Alam yang dilakukan di wilayah yang selalu terjadi bencana alam banjir.

“Maka dari itu simulasi hari ini sengaja dilakukan untuk mensinergikan semua pihak untuk menangani bencana banjir yang setiap tahun melanda di wilayah ini,” tutur Kolonel Kav Gathut Setyo Utomo Danrem 082/CPYJ.

Tambahnya, bahwa simulasi tersebut sengaja dilaksanakan guna mensinergikan TNI-POLRI dan beberapa stakeholder, untuk persiapan dalam penanganan bencana banjir yang setiap tahun melanda wilayah tersebut.

Danrem 082/CPYJ juga mengatakan bahwa pihaknya sudah menyiapkan pasukan khusus untuk menangani kemungkinan adanya bencana banjir kedepan.

Selain pasukan, Danrem juga menyiapkan beberapa tenda pengungsian dari TNI-POLRI dan stakeholder, serta perahu karet dan juga kebutuhan logistik lainnya.

Sementara jalannya Simulasi Latihan Penanggulangan Bencana Alam, dibuat seperti kejadian sesungguhnya. Dimana digambarkan puluhan warga Desa Kademangan Kecamatan Mojoagung dan beberapa korban luka serta meninggal dunia dievakuasi oleh tim gabungan dari Komando Resort Militer 082 Citra Panca Yudha Jaya.

Mereka adalah korban akibat terseret arus banjir serta tertimpa reruntuhan pohon tumbang yang terjadi di desa setempat. Selain korban luka dan meninggal dunia, beberapa warga yang selamat juga segera dievakuasi oleh tim gabungan dari TNI-POLRI dan beberapa stakeholder terkait.

Warga yang mendengar sirine peringatan bencana, langsung berlarian ke luar rumah dengan membawa beberapa barang berharga seperti hewan ternak lainnya.

Dibantu tim evakuasi dari Kodim 0814 Jombang, Polres Jombang dan beberapa relawan lain, seluruh warga desa diungsikan ke tempat pengungsian di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Mojoagung atau bekas Pasar Mojoagung.

Di tempat tersebut, warga yang terluka langsung mendapatkan pertolongan pertama oleh tim medis.

“ Dari kami sudah menyiapkan pasukan hingga satu kompi untuk bersiaga di sini. Serta beberapa kebutuhan lainnya,” pungkasnya.(Penrem 082/CPYJ ).
Editor: Kuncoro

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda