PEMBERITAHUAN KEPADA KHALAYAK UMUM: Berhubung maraknya SMS ataupun Telepon yang mengatasnamakan Blog Media Sinar Ngawi, yang isinya meminta-minta sesuatu, diharapkan untuk lebih waspada dan hati-hati dan tidak menanggapi hal tersebut
Custom Search

Senin, 04 Juni 2018

Home > > Geliat Desa Walikukun Dalam Pembangunan Berbasis Kearifan Lokal

Geliat Desa Walikukun Dalam Pembangunan Berbasis Kearifan Lokal

Profile desa Walikukun Ngawi

SINAR NGAWI™ Ngawi-Merupakan salah satu sarana dan prasarana peningkatan akses hasil pertanian, setidaknya ada dua dusun dari 4 yang ada di Desa Kauman, Kecamatan Widodaren Ngawi dilakukan pavingisasi dengan anggaran Dana Desa (DD) Tahun 2018. Sudarmanto Kades setempat menuturkan, hal ini sebgai tindak lanjut dari program sebelumnya, karena warganya sebagian besar berprofesi sebagai petani.

“Dengan alokasi Dana Desa (DD), kita mengutamakan pembangunan yang berbasis kerakyatan dengan tujuan mendongkrak ekonomi, kesehatan maupun pendidikan warga desa,” terang dia.

Tambahnya, dengan luas lahan sawah 12,6114 hektar, serta ladang 12,420 hektar, maka untuk produksi jagung juga menjadi produksi andalan warga selain padi.

“Cukup besar hasil produksi jagun, untuk tiap kali panen pendapatan kotor bisa mencapai puluhan juta rupaiah,” katanya.

Dengan jumlah penduduk 8.428 jiwa yang terbagi dalam 2,696 Kepala Keluarga (KK), Desa Walikukun terdapat 4 dusun, yang masuk dala keluarga prasejahtera sebanyak 436 KK.

Daru segi kesehatan, terdapat satu Puskesmas, empat apotik, delapan posyandu serta dua rumah bersalin ditambah adanya 2 balai kesehatan ibu dan anak.

Faktor pendidikan juga terdapat terdapat enam gedung taman kanak-kanak (TK), 9 lembaga Sekolah Dasar serta 3 gedung SMP.
Pewarta: Kun/pAn
Editor: Kuncoro


Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda