PEMBERITAHUAN KEPADA KHALAYAK UMUM: Berhubung maraknya SMS ataupun Telepon yang mengatasnamakan Blog Media Sinar Ngawi, yang isinya meminta-minta sesuatu, diharapkan untuk lebih waspada dan hati-hati dan tidak menanggapi hal tersebut
Custom Search

Kamis, 20 Februari 2020

Home > > Refleksi HPSN 2020, DLH Ngawi Ajak Masyarakat Kelola Sampah Dari Rumah

Refleksi HPSN 2020, DLH Ngawi Ajak Masyarakat Kelola Sampah Dari Rumah

Dinas lingkungan hidup kabupaten Ngawi

SINAR NGAWI™ Ngawi-Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2020 yang digelar di area wisata kota,Taman Candi, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Ngawi, menyerukan Ngawi bersih, maju dan sejahtera.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup setempat Setiono, mengatakan bahwa setiap harinya setidaknya 40 an ton sampah dikirim ke salah satu TPA di wilayah Kabupaten Ngawi, dengan dominasi jenis sampah plastik dan rumah tangga.

“Peran pemulung dan komunitas di sekitar TPS dan TPA sangat luar biasa, dalam pengelolaan sampah sehingga dapat meminimalisasi penanganan sampah di TPS dan TPA,” terang dia.

Tambahnya, demikian juga peran masyarakat sangat menentukan karena produksi sampah di mulai dari rumah.

Ditempat yang sama, Ony Anwar, Wakil Bupati Ngawi juga mengharapkan, agar ada upaya untuk mengurangi sampah dari diri sendiri.

“Penanganan sampah harus dibarengi dengan mengubah pola pikir masyarakat dari konvensional yakni kumpul dan buang, menjadikan sampah juga sebagai bentuk ekonomi kreatif,” kata Ony, sapaan akrabnya.

Kegiatan pengolhana sampah berbasis ini bisa difasilitasi oleh Dinas lingkungan hidup, dapat dibuat kompetisi 3 R yakni reuse, reduce dan recycle, yang mana nantinya justru menjadi kegiatan ekonomi kreatif yang dapat menyulap sampah menjadi uang.

“Sehingga masyarakat termotivasi mengelola sampahnya, sehingga residu sampah yang harus dibuang ke TPS dan TPA dapat diminimalisasi,” pungkasnya.
Pewarta: Kun/pr
Editor: Kuncoro



Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda