media online pemberitaan kabupaten ngawi
Diberdayakan oleh Blogger.
Custom Search

Selasa, 16 Februari 2021

Home > > Masa Pandemi, Pembangunan Desa Juga Sebagai Penguat Perkonomian Warga

Masa Pandemi, Pembangunan Desa Juga Sebagai Penguat Perkonomian Warga

Ngawi dalam berita hari ini dan terkini

SINAR NGAWI™ Ngawi-Dampak pandemi Covid 19, selain mengancam kesehatan juga sangat berdampak pada perekonomian. Maka dengan adanya pembangunan talud jalan di wilayah Pohjagal Desa Bangunrejo Kidul, Kecamatan Kedunggalar Ngawi, diharapkan mampu meringankan beban ekonomi warga desa.

Suparno, Kades setempat, Suparno menegaskan bahwa pembangunan talud jalan yang selain memperlancar drainase juga sebagai pencegah tergerusnya jalan baik akibat beban tanah maupun benda atas tanah serta akibat gerusan air hujan. 

“Pembangunan talud ini menggunakan Dana Desa tahun 2021, yang mana selain meningkatkan prasarana jalan juga sebagai bentuk pemulihan perekonomian warga karena dikerjakan dengan padat karya,” kata dia. 

Diketahui, mendasar catatan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Ngawi 2008, wilayah Desa Bangunrejo Kidul merupakan salah satu wilayah yang tercakup dalam 88 kawasan desa hutan. 

Dengan jumlah penduduk 7215 jiwa, warga desa sebagaian besar adalah petani, namun beberapa warga juga menekuni UKM, berupa pemanfaatan bonggol jati yang diaplikasikan menjadi berbagai kerajinan kebutuhan rumah tangga. 

Dari sarana kesehatan warga, desa yang jarak tempuk ke pusat pemerintahan kabupaten sekitar setemhah jam perjalanan, memiliki 2 tenaga bidan, 5 paramedis serta 8 perawat. 

“Dengan mengedepankan sektor kesehatan dengan dibentuk Kampung Tangguh Semeru berbasis POP, untuk memajukan perekonomian warga, baik dari sektor pertanian UKM,” pungkasnya.  

Pewarta: Asri/Panji
Editor : Kuncoro
Copyright : SNM


Berita Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda