media online pemberitaan kabupaten ngawi
Diberdayakan oleh Blogger.
Custom Search

Rabu, 08 September 2021

Home > > Transformasi Seni Pedalangan Yang Mengikuti Laju Perkembangan Zaman

Transformasi Seni Pedalangan Yang Mengikuti Laju Perkembangan Zaman

Dalang Ngawi

SN-Media™ Ngawi-Berbagai upaya dilakukan dalam menyajikan kesenian daerah yang kekinian dengan mengikuti kemajuan teknologi yang makin pesat, termasuk diantaranya adalah seni pedalangan, agar diterima semua kalangan umur, utamanya generasi muda.

Rudi Sulisdiana, Kadin Disparpora Ngawi mengatakan bahwa upaya untuk kembali menggiatkan seni pedalangan, bertempat di gedung Eka Kapti digelar kegiatan pelatihan yang diikuti 50 dalang senior di Ngawi dengan tema Menumbuhkan Jati Diri Seorang Dalang. 

Pelatihan yang diadakan, masih menurutnya, agar dalang di Ngawi yang sudah terkenal di kancah nasional tersebut, bisa menjadi tontonan yang lebih menarik dan lebih diminati, dengan dikemas secara kekinian, mengikuti zaman dan keinginan peminatnya. 

Sementara dalam pelatihan seni pedalangan tersebut, mengundang nara sumber H. Kirun, tokoh seniman yang cukup terkenal dari Madiun dan Cahyo Kuntadi, dalang kenamaan dari Surakarta yang sekaligus dosen ISI (Institut Seni Indonesia) Surakarta. 

Pelatihan seni pedalangan berlangsung dengan tetap memenuhi prokes, dan diharapkan dari pelatihan ini dapat menularkan ilmu yang didapatnya kepada rekan sesama dalang yang lain. 

Pewarta: sAy
Editor : Kuncoro
Copyright : SNM


Berita Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda