PEMBERITAHUAN KEPADA KHALAYAK UMUM: Berhubung maraknya SMS ataupun Telepon yang mengatasnamakan Blog Media Sinar Ngawi, yang isinya meminta-minta sesuatu, diharapkan untuk lebih waspada dan hati-hati dan tidak menanggapi hal tersebut
Custom Search

Senin, 25 Oktober 2021

Home > > Bupati Ony Pimpin Apel Gelar Pasukan Dan Peralatan Dalam Rangka Tanggap Bencana

Bupati Ony Pimpin Apel Gelar Pasukan Dan Peralatan Dalam Rangka Tanggap Bencana

Mitigasi bencana Ngawi

SN-Media™ Ngawi-Apel gelar pasukan dan peralatan dalam rangka penanggulangan bencana alam yang berlansung di lapangan area wisata kota Taman Candi, dipimpin langsung oleh Bupati Ngawi, Ony Anwar Harsono.

Gelar apel pasukan yang melibatkan dari TNI, Polri, BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), Dinas sosial serta relawan, sebagai upaya merapatkan barisan guna mencegah dan tanggap serta mitigasi bencana. 

Ony, sapaan akrab Bupati Ngawi, mengatakan bahwa secara umum persiapan tanggap bencana tahun ini lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya, utamanya dari segi SDM (Sumber Daya Manusia) maupun peralatannya. 

“Kegiatan apel yang diikuti semua pihak terkait dimaksudkan untuk koordinasi dalam teknis pelaksanaan di lapangan, yang mana dari segi SDM dan peralatan yang memadai ditambah dengan koordinasi yang baik, maka penanganan di lapangan dipastikan juga berjalan dengan baik pula,” kata dia. 

Sementara untuk mempersiapkan SDM, telah dilakukan pembinaan oleh BPBD kepada Destana (Desa Tanggap Bencana), yang tahun ini bertambah 20 desa, sedangkan tahun kemarin sejumlah 15 desa, sehingga total sudah ada 35 desa, meliputi siaga tanggap bencana serta budaya aman bencana. 

Selain itu pembinaan juga dilakukan kepada relawan tanggap bencana di Ngawi yang jumlahnya cukup banyak. 

Dari segi peralatan yang sudah diadakan baik untuk kuantitas maupun kualitasnya meliputi genset, lampu, kapal karet dan perlengkapan lainnya, yang kesemuanya siap digunakan sewaktu-waktu, sehingga dapat meminimalisasi baik korban jiwa maupun harta benda saat terjadinya bencana. 

“Kita juga melibatkan peran serta masyarakat secara preemtif dalam menghadapi bencana alam,” pungkasnya.  

Pewarta: DaM/sAy
Editor : nc
Copyright : SNM


Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda