PEMBERITAHUAN KEPADA KHALAYAK UMUM: Berhubung maraknya SMS ataupun Telepon yang mengatasnamakan Blog Media Sinar Ngawi, yang isinya meminta-minta sesuatu, diharapkan untuk lebih waspada dan hati-hati dan tidak menanggapi hal tersebut
Custom Search

Senin, 11 Oktober 2021

Home > > Pasangan Nikah Siri Kini Bisa Membuat Dan Memiliki Kartu Keluarga

Pasangan Nikah Siri Kini Bisa Membuat Dan Memiliki Kartu Keluarga

nikah siri di Ngawi

SN-Media™ Ngawi-Dengan aturan diperbolehkannya status nikah siri bisa membuat serta memiliki Kartu Keluarga (KK), sebagai wujud dari perlindungan warga negara, terutama guna menerbitkan akta kelahiran anak dari pasangan tersebut (nikah siri).

Ahmad Budi Susanto, Sekretaris Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Ngawi mengatakan bahwa sebenarnya untuk urusan pernikahan sirinya sendiri, bukan menjadi wilayah kepengurusan Disdukcapil. 

“Namun demikian Dukcapil akan tetap berkomitmen guna menjamin hak setiap warga negara untuk dicatat dalam dokumen kependudukan, termasuk pencatatan perkawinan meskipun secara siri,” kata dia. 

Cara pencatatannya, masih menurutnya, yaitu pernikahan siri dengan syarat terdapat surat pernyataan pertanggungjawaban mutlak yang diketahui oleh 2 orang saksi, kemudian akan dibuatkan Kartu Keluarga (KK), yang didalamnya dituliskan sebagai nikah belum tercatat. 

“Sementara untuk anak yang dilahirkan dari pernikahan siri, tetap bisa mencantumkan nama orangtua, namun demikian ditambahi frase perkawinan belum tercatat negara,” imbuhnya. 

Pewarta: tim
Editor : Kun
Copyright : SNM


Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda