PEMBERITAHUAN KEPADA KHALAYAK UMUM: Berhubung maraknya SMS ataupun Telepon yang mengatasnamakan Blog Media Sinar Ngawi, yang isinya meminta-minta sesuatu, diharapkan untuk lebih waspada dan hati-hati dan tidak menanggapi hal tersebut
Custom Search

Rabu, 28 Agustus 2013

Home > > Hindari Kecurangan, Belasan Ribu Surat Suara Cacat Dibakar

Hindari Kecurangan, Belasan Ribu Surat Suara Cacat Dibakar

Pemenang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2013NGAWI™ KPUD Kabupaten Ngawi lakukan pemusnahan 14.697 kartu surat suara Pilgub 2013 yang dinyatakan rusak, bertempat di halaman gudang logistik KPUD Kabupaten Ngawi. Pembakaran disaksikan Kapolres, pihak Kejaksaan Negeri, Panitia Pengawas Pemilu Ngawi, serta tim sukses dari Cagub dan Cawagub Jatim, Rabu (28/08).

Pemusnahan belasan ribu surat suara tersebut mendasar Surat Keputusan (SK) dari KPU Provinsi Jawa Timur Nomor 207/KPU-Prov-014/VIII/2013 tentang Pemusnahan Surat Suara Rusak Dalam Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Provinsi Jawa Timur Tahun 2013.

Ketua KPUD Kabupaten Ngawi Surat Azhari saat dikonfirmasi mengatakan, “Ini merupakan pemusnahan surat suara rusak sebanyak 14.697 hasil penyortiran yang kita lakukan sebelumnya, tujuan dari pembakaran surat ini sendiri adalah melaksanakan perintah dari KPU Provinsi, kita hanya melaksanakan perintah guna mengantisipasi agar tidak manfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab,” terangnya.

Ribuan surat suara yang rusak tersebut pada penyortiran tahap pertama ditemukan 14.252 lembar surat suara rusak. Kemudian pada tahap kedua ditemukan 445 lembar surat suara rusak.

Sehingga total surat suara rusak mencapai 14.697 lembar yang dimusnahkan KPUD Kabupaten Ngawi.“Pemusnahan ini berdasarkan surat keputusan KPU Jatim, Jadi KPUD diberi kewenangan untuk memusnahkan dan membuat berita acara dan kemudian dilaporkan ke KPU Jatim,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi kekurangan akibat dari banyaknya surat suara yang rusak itu, pihak KPUD Ngawi juga telah meminta tambahan ke KPU Provinsi. Surat menyatkan bahwa KPUD Ngawi telah menerima 15 ribu surat suara dari KPU Jatim.

“Jumlah penambahan surat suaranya sudah kami terima sejak kemarin, karena sejak ada kerusakan itu kami langsung melapor ke provinsi. Sedangkan untuk kekurangan di PPK sudah selesai kami distribusikan, sehingga besuk saat pemilihan tidak ada permaslahan lagi,” pungkasnya.

Sementara secara terpisah Kapolres Ngawi AKBP Eddy Junaedi SIK mengatakan pihaknya dalam mengamankan Pilgub saat ini menerjunkan 618 personel.

“Kami pihak Polres Ngawi sudah siap mengantisipasi apabila sewaktu-waktu terjadi konflik, besok pada saat pemilihan kita akan menerjunkan 618 personel, jadi satu TPS satu personel Polri dan dua anggota Linmas dan besok khusus di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II-B Ngawi memang ada TPS khusus maka kita terjunkan sejumlah petugas dalam mengamankan pemungutan suara tersebut,”jelasnya. (pr)

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda