PEMBERITAHUAN KEPADA KHALAYAK UMUM: Berhubung maraknya SMS ataupun Telepon yang mengatasnamakan Blog Media Sinar Ngawi, yang isinya meminta-minta sesuatu, diharapkan untuk lebih waspada dan hati-hati dan tidak menanggapi hal tersebut
Custom Search

Kamis, 29 Agustus 2013

Home > > Tekan Angka Golput, Gambyongan Digelar Di Area TPS 05 Campurasri

Tekan Angka Golput, Gambyongan Digelar Di Area TPS 05 Campurasri

Tari Gambyong mewarnai Pilgub Jatim 2013 dan Quick Count KARSA MenangNGAWI™ Unik! Nuansa Pilgub Jawa Timur 2013 kali ini diwarnai tarian Gambyong yang sengaja digelar di TPS 05 Desa Campurasri, Kecamatan Karangjati, Kabupaten Ngawi guna menarik penduduk untuk hadir mencoblos serta meminimalisir angka Golput. Rakimin, Kades setempatpun masih menyediakan hadiah menarik berupa Doorprize, (29/08).

“Jelasnya, selain kita menghias TPS ini demikian juga hadiah menarik tujuanya guna meningkatkan minat pemilih bukan berati event semacam ini sebelumnya sepi pemilih,” ungkapnya.

Pihak petugas TPS sendiri ujarnya, terlebih dahulu menyediakan kupon berhadiah kemudian dibagikan kepada warga setelah selesai melakukan pencoblosan surat suara dan selanjutnya akan diundi sehabis penghitungan suara.

“Totalnya di desa saya ada 5 TPS dengan jumlah 2.681 pemilih dan perlu diketahui lagi tadi sebelum warga melakukan pencoblosan di TPS ini tadi diadakan acara ritual wedak ripih selayaknya mantenan yang dilakukan beberapa orang sesepuh desa dengan cara menari dan membawa makanan khas,” terang Rakimin.

Kemudian di TPS 11 di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II-B Ngawi 168 narapidana (napi) melakukan pemungutan suara. Sesuai data sebelumnya di Lapas tersebut yang memiliki hak suara ada 229 napi namun 61 diantaranya sudah dinyatakan bebas.

AS (20) salah satu napi asal Desa Jenggrik, Kecamatan Kedunggalar, Kabupaten Ngawi mengaku bangga dapat menyalurkan hak suaranya meskipun mendekam di Lapas. “Ya senenglah ternyata masih diperhatikan oleh pemerintah meskipun menjadi narapidana,” tuturnya.

Napi yang terkena pasal pencabulan tersebut menerangkan kalau sebelumnya tidak mengetahui sama sekali siapa calon gubernur yang akan dipilih. Akan tetapi atas pamlet sosialisasi Pilgub Jawa Timur dari KPUD Ngawi yang lengkap dengan visi misi yang ditempelkan disalah satu ruang akhirnya dia bisa mengetahui siapa yang patut memimpin Jawa Timur kedepan.

Sementara secara terpisah Surat Ashari Ketua KPUD Ngawi bahwa Pilgub Jawa Timur saat ini untuk jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) ada 698.460 orang sedangkan jumlah TPS yang tersebar di 19 kecamatan ada 1.516 TPS.

Untuk hasil riil count atau manual dari Pilgub di wilayah Kabupaten Ngawi yang sudah dilakukan ini Surat Ashari menjelaskan paling tidak akan diketahui pada tanggal 4 sampai 5 September 2013 nanti setelah melalui proses penghitungan di tingkat PPS dan PPK. (pr)

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda