PEMBERITAHUAN KEPADA KHALAYAK UMUM: Berhubung maraknya SMS ataupun Telepon yang mengatasnamakan Blog Media Sinar Ngawi, yang isinya meminta-minta sesuatu, diharapkan untuk lebih waspada dan hati-hati dan tidak menanggapi hal tersebut
Custom Search

Selasa, 12 November 2013

Home > > Agribisnis Tembakau Melalui Pola Kemitraan Petani - PT Sadhana

Agribisnis Tembakau Melalui Pola Kemitraan Petani - PT Sadhana

Cara bertani tembakau

NGAWI™ Untuk memaksimalkan produk tembakau secara kwalitas terbaik kini petani tembakau dapat angin segar setelah adanya pola kemitraan dengan PT Sadhana. Sistem tersebut dari PT Sadhana sendiri mengakui untuk mendapatkan bahan baku tembakau dari pasar bebas dan berasal dari daerah pengembangan dengan pola kemitraan.

Jelasnya, pola kemitraan sendiri bertujuan untuk mendapatkan bahan baku yang berkesinambungan dengan kwalitas yang diketahui dengan pasti dan dapat memenuhi kebutuhan pada waktu tertentu. Selain itu peningkatan kwalitas dan produksi tembakau dari waktu ke waktu sesuai kebutuhan.

Ditambah menjaga kesinambungan usaha yang memberikan keuntungan kepada semua pihak yang terlibat dalam kemitraan usaha. “Maka dengan adanya pola kemitraan tersebut kedua belah pihak akan saling diuntungkan baik petani maupun PT Sadhana sendiri,” terang Mujiono, Kabid Budidaya Dinas Hutbun Ngawi, Selasa (12/11).

Dijelaskan, luas areal tanaman tembakau tiga tahun terakhir memang mengalami fluktuasi seperti tahun 2011 seluas 1.371 Ha dan setahun kemudian 2012 naik seluas 1959 Ha namun di tahun 2013 ini malah menurun hanya 972 Ha.

Permasalahan penurunan luasan areal tembakau tersebut disebabkan anomali iklim meskipun tahun ini proses penanaman mencapai 2.786 Ha namun yang panen tidak lebih dari 972 Ha. Ada sisi menguntungkan dari pola kemitraan tersebut ulas Mujiono ada dua hal yang perlu diketahui yakni peranan perusahaan dan peranan petani.

Disini peranan perusaahan meliputi agen teknologi dimana dengan penyuluhan teknologi terhadap petani maka akan mampu meningkatkan produktifitasnya mendasar kwalitas tembakau yang terjamin. Sedangkan dilihat dari peranan petani, proses penanaman tembakau akan sesuai dengan jumlah yang telah disepakati dengan kwalitas sebaik mungkin dan bisa dipasarkan. (pr)

Tabel Agribisnis Tembakau
Cara bertani tembakau

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda