PEMBERITAHUAN KEPADA KHALAYAK UMUM: Berhubung maraknya SMS ataupun Telepon yang mengatasnamakan Blog Media Sinar Ngawi, yang isinya meminta-minta sesuatu, diharapkan untuk lebih waspada dan hati-hati dan tidak menanggapi hal tersebut
Custom Search

Senin, 27 Januari 2014

Home > > Ibas Ajak Petani Karanganyar Agar Produktivitas Jagung Dimaksimalkan

Ibas Ajak Petani Karanganyar Agar Produktivitas Jagung Dimaksimalkan

Ibas menyapa para petani jagung di Desa Mengger, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Ngawi

NGAWI™ Edhie Baskoro Yudhyono atau biasa disapa Ibas, Sekretaris Jenderal Partai Demokrat turun gunung melakukan kunjungan ke sejumlah wilayah Dapil VII Jawa Timur. Kali ini dalam mengawali rangkaian kunjunganya, Ibas menyapa ribuan petani jagung Desa Mengger, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur,(27/01).


Ibas putra bungsu Presiden SBY mengharapkan potensi pertanian khususnya jagung di wilayah Kabupaten Ngawi bagian barat yang ada di kawasan tersebut perlu dioptimalkan baik system bercocok tanamnya hingga produktifitas selama ini. Selain didukung kondisi tanah yang cocok pemilihan bibit jagung harus diperhatikan sesuai varietasnya.

“Kabupaten Ngawi merupakan salah satu wilayah penyangga lumbung pangan di Jawa Timur sehingga dengan produksi jagung harus ditingkatkan dalam pertahunya,” terang Ibas dihadapan para petani jagung.

Hematnya, pemanfaatan lahan seluas 1000 hektar lebih sangat membantu peningkatan taraf hidup masyarakat meskipun dipinggiran hutan. Dengan demikian tidak ada kata lain kecuali para petani harus lebih kreatif lagi melakukan inovasi agar produksi jagung lebih bernilai jualnya.

“Terhadap para petani yang ada diwilayah sini saya sangat mengucapkan terima kasih atas kerja kerasnya dalam mengembangkan pertanian khususnya jagung,”tambah Ibas. Sementara Kabul Tunggul Winarno Camat Karanganyar secara geografis wilayah kerjanya hampir sebagian besar berada dikawasan hutan jati. Sehingga masyarakatnya dalam memenuhi kebutuhan masih tergantung pada kondisi hutan itu sendiri.

“Dari wilayah Kecamatan Karanganyar memang komoditi pertanian masih didominasi oleh jagung maka kerjasama dari semua pihak sangat diperlukan dalam upaya peningkatan sentra jagung itu sendiri dan secara umum Kabupaten Ngawi setiap tahunya selalu mengalami peningkatan produksi jagung” terang Camat Karanganyar tersebut.

Setelah selesai bertatap muka dengan ribuan petani jagung Ibas melanjutkan kunjunganya ke beberapa lokasi lainya yang masih di Kabupaten Ngawi seperti di Desa Sambirejo, Kecamatan Mantingan. Ditempat ini caleg DPR RI Dapil VII No urut 1 Partai Demokrat tersebut meninjau langsung lokasi Program Pembangunan Insfrastruktur Pedesaan (PPIP) berupa pavingisasi jalan desa sepanjang 1.370 meter.

Menurut Ibas dengan adanya PPIP meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, baik secara individu maupun kelompok melalui partisipasi dalam memecahkan berbagai permasalahan yang terkait kemiskinan dan ketertinggalan desanya sebagai upaya meningkatkan kualitas kehidupan, kemandirian dan kesejahteraan masyarakat. Menurut Sudarsono Kepala Desa Sambirejo, PPIP di desanya yang ia pimpin dilaksanakan oleh Organisasi Masyarakat Setempat (OMS) PPIP Desa Sambirejo.

Agenda lainya kunjungan Ibas di Kabupaten Ngawi juga melihat dari dekat proses pembuatan mie di Desa Kedunggudel, Kecamatan Widodaren, Kabupetan Ngawi. Ditempat tersebut Ibas juga diajak bagaimana proses awal pembuatan mie yang berkwalitas.

Selebihnya Ibas mengajak semua pedagang mie maupun unsur lainya yang ikut andil dalam peningkatan produksi mie sebagai paduan pembinaan UKM. Urai Ibas, UKM dapat membuktikan bahwa sektor ini dapat menjadi tumpuan bagi perekonomian nasional. Hal ini dikarenakan UKM mampu bertahan dibandingkan dengan usaha besar yang cenderung mengalami keterpurukan. (pr)

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda

 
close
Banner iklan disini