PEMBERITAHUAN KEPADA KHALAYAK UMUM: Berhubung maraknya SMS ataupun Telepon yang mengatasnamakan Blog Media Sinar Ngawi, yang isinya meminta-minta sesuatu, diharapkan untuk lebih waspada dan hati-hati dan tidak menanggapi hal tersebut
Custom Search

Kamis, 03 April 2014

Home > > Jelang Sepekan Pemilu, Puluhan Ribu Surat Suara Rusak Belum Ada Gantinya

Jelang Sepekan Pemilu, Puluhan Ribu Surat Suara Rusak Belum Ada Gantinya

Persiapan droping surat suara dari KPUD Ngawi ke PPK

NGAWI™ Sepekan Jelang pemilu, termyata masih menyisakan pekerjaan berat yang harus ditanggung KPUD Ngawi. Pasalnya, sesuai hasil penyortiran surat suara yang rampung dilakukan dua pekan lalu ditemukan puluhan ribu surat suara rusak. Tapi sampai berita ini diturunkan belum ada kabar memuaskan dari KPU Pusat kapan surat suara rusak diganti.

Seperti yang diketahui setelah dilakukan penyortiran surat suara di KPUD Ngawi selama 7 hari dengan melibatkan 410 orang pekerja akhirnya diketahui mengalami kekurangan 45.085 lembar surat suara.

Kurangnya surat suara tersebut terdiri dari 1.896 lembar untuk surat suara DPR RI ditambah 2.476 lembar surat suara untuk DPD dan 2.041 lembar surat suara untuk DPRD Propinsi serta 38.648 lembar surat suara untuk DPRD Kabupaten.

Kurangnya 45.085 lembar surat suara yang dinyatakan rusak sebanyak 38.781 lembar surat suara. “Kekurangan surat suara itu merata, baik untuk DPR RI, DPD, maupun untuk DPRD Provinsi dan Kabupaten, dan kami akan segera mengajukan surat permintaan untuk penambahan surat suara ini ke pusat melalui KPU Provinsi Jawa Timur,” terang Surat Ashari Ketua KPUD Ngawi, Kamis (03/04).

Untuk surat suara DPRD Kabupaten menurutnya yang paling banyak dialami wilayah Dapil 4 (Paron-Kedunggalar) tercatat 36.832 lembar surat suara sedangkan yang rusak mencapai 35.397 lembar surat suara. “Sesuai hasil terakhir penyortiran kemarin Dapil 4 ini memang paling banyak sendiri mengalami kekurangan surat suara maupun lembar surat suara yang rusak,” terangnya.

Meski waktunya sudah mepet hemat Surat Ashari, pihaknya tetap berusaha semaksimal mungkin melakukan koordinasi dengan KPU Jawa Timur agar surat suara yang dibutuhkan nanti secepatnya akan dikirim.

“Saya kira pelaksanaan pemilu yang menyisakan beberapa hari ini tetap akan berjalan sesuai jadwalnya karena apa pihak pusat pastinya akan mengirim lagi semua kebutuhan logistik pemilu yang dibutuhkan pihak daerah seperti di Ngawi ini” ungkapnya.

Hal senada juga ditegaskan Danik Kusumawati bagian divisi logistik KPUD Ngawi menurutnya pihak masyarakat maupun parpol tidak perlu mencemaskan keberadaan kurangnya suara.
“Jangan khawatir kalau suara suara itu tidak dikirim pastinya akan segera didroping lagi sesuai kebutuhan suara suara yang dibutuhkan dari 1.979 TPS,” katanya.

Hanya saja kemungkinan besarnya nanti pihak KPUD Ngawi akan kerja secara ekstra untuk mengejar waktu. “Seandainya pengiriman surat suara dari pusat mepet waktunya tentunya kita akan all out menyelesaikan pelipatan maupun penyortiran,” pungkasnya.
Pewarta: Purwanto
Editor: Kuncoro


Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda