PEMBERITAHUAN KEPADA KHALAYAK UMUM: Berhubung maraknya SMS ataupun Telepon yang mengatasnamakan Blog Media Sinar Ngawi, yang isinya meminta-minta sesuatu, diharapkan untuk lebih waspada dan hati-hati dan tidak menanggapi hal tersebut
Custom Search

Senin, 14 April 2014

Home > > UN Hari Pertam Dinilai Lancar Tanpa Kendala

UN Hari Pertam Dinilai Lancar Tanpa Kendala

Pelaksanaan UN di SMAN 1 Ngawi

NGAWI™ Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) dihari pertama, Senin (14/04) diikuti 9.522 pelajar yang terbagi dari 65 lembaga setingkat SMA, SMK, MA ditambah peserta paket C di Kabupaten Ngawi. Kabid Dikmen Diknas setempat, Hadi Suharto memaparkan bahwa pelaksanaan UN dinilai fresh tidak ada satupun dalam kondisi sakit maupun menjalani masa tahanan.

“Pelaksanaan UN saat ini tidak terkendala oleh peserta mereka dalam kondisi baik artinya dikerjakan di lembaga sekolahanya masing-masing,” terang Hadi Suharto Kabid Dikmen Diknas Kabupaten Ngawi.

Sesuai peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan tentang prosedur operasi standar UN pihak Diknas sendiri menerjunkan ribuan pengawas dengan sistem silang.

Yakni, guru di suatu sekolah tidak diperkenankan menjadi pengawas di sekolahnya sendiri selain itu melibatkan pengawas dari lembaga independent seperti dari Unsur Ngawi, STIKP Ngawi dan UIN Malang.

“Hal ini kita lakukan untuk menghindari adanya kecurangan yang dilakukan para siswa, dan selain itu untuk mengantisipasi upaya kecurangan yang dilakukan guru kerja sama dengan siswanya dalam mengerjakan soal-soal ujian,” papar Hadi.

Seperti yang terlihat di SMAN 1 Ngawi pelaksanaan UN pihak lembaga independent menerapkan sistim pengawasan ketat baik peserta UN maupun pengawas ruang yang ditempatkan.

Sukamdi Kepala SMAN 1 Ngawi membenarkan tahun ini peserta UN memang dalam pengawasan dari pihak lain yang berkompeten. Karena UN selain diikuti 292 siswanya juga ditambah dari luar seperti SMA KP dan SMA Ma’arif Ngawi.

“Persiapan dari segi siswa sendiri, kami telah melakukan 'try out' dan penambahan jam belajar siswa melalui bimbingan belajar di masing-masing sekolah. Sedangkan dari segi guru juga telah diberikan pengarahkan dari dinas dan tim rayon," tegas Sukamdi.
Pewarta: Purwanto
Editor: Kuncoro


Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda