PEMBERITAHUAN KEPADA KHALAYAK UMUM: Berhubung maraknya SMS ataupun Telepon yang mengatasnamakan Blog Media Sinar Ngawi, yang isinya meminta-minta sesuatu, diharapkan untuk lebih waspada dan hati-hati dan tidak menanggapi hal tersebut
Custom Search

Minggu, 20 Juli 2014

Home > > Jejak Legislatif Dalam Mengambil Kebijakan Sesuai Aspirasi Rakyat

Jejak Legislatif Dalam Mengambil Kebijakan Sesuai Aspirasi Rakyat

nama-nama anggota DPRD Kabupaten Ngawi

NGAWI™ Dwi Rianto Jatmiko Ketua DPRD Kabupaten Ngawi membeberkan peran legislative dalam memberikan local governance support program. Hal ini diharap bisa mengarah pada tata kelola pemerintahan yang lebih baik, sebagai bentuk inisiasi setiap program yang terukur baik antara pemerintah daerah, DPRD dan rakyat.

Saat ditemuai diruang kerjanya Antok demikian sapaan akrab Dwi Rianto Jatmiko, dukungan langsung ke pemerintah daerah bentuk motivasi agar pemerintah yang dimaksudkan secara komperhenship dapat meningkatkan kompetensinya.

“Sehingga kalau ada daya dorong dari legislative, pemerintah daerah dapat melaksanakan tugas-tugas pokok baik dibidang perencanaan dan penganggaran yang terintegrasi,” ungkapnya, Kamis,(17/07). Lebih terangnya, DPRD mempunyai fungsi strategis dalam pembuatan kebijakan di daerah, legislasi, penganggaran, pengawasan dan representasi.

Program yang menjadi garis acuan dari Legal Governance Support Program (LGSP) yang dilaksanakan sejak 2005 lalu menjadi satu titik penguatan keberadaan DPRD agar menghasilkan kebijakan sesuai aspirasi rakyat.

Kebijakan tersebut tetap berpangkal tolak pada kebijakan daerah yang berkeadilan serta aspiratif dan lebih mempresentasikan kepentingan rakyat secara utuh. Namun, Antok mengakui setiap kebijakan yang dibuat tentunya tetap menimbulkan dua difinisi berbeda yakni pro dan kontra. Meski demikian tetap pada posisi optimis, Antok menilai dengan LGSP peran legislative akan konsisten dalam penyusunan peraturan daerah, analisa RAPBD yang diajukan pemerintah daerah sendiri.

Hal ini akan berjalan berkesinambungan selama peran DPRD tetap membuka ruang partisipasi rakyat dalam pembuatan kebijakan pelayanan publik di daerah. Diakhir penjelasanya sebagai Ketua DPRD Kabupaten Ngawi, pihaknya mengapresiasi setiap anggota legislative yang hampir merampungkan masa tugasnya periode 2009-2014 dengan susah payah menggali potensi terhadap lahirnya produk hukum tercover dalam peraturan daerah yang telah diputuskan.

“Meskipun tinggal selangkah lagi kita mengakhiri masa tugas sebagai wakil rakyat, rasa terima kasih kepada seluruh anggota legislative yang telah mampu mengatur individunya masing-masing dalam mengupayakan demokrasi dan mewujudkan tata pemerintahan yang lebih baik,” pungkasnya.
ADVERTORIAL


Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda