PEMBERITAHUAN KEPADA KHALAYAK UMUM: Berhubung maraknya SMS ataupun Telepon yang mengatasnamakan Blog Media Sinar Ngawi, yang isinya meminta-minta sesuatu, diharapkan untuk lebih waspada dan hati-hati dan tidak menanggapi hal tersebut
Custom Search

Sabtu, 23 April 2016

Home > > 8 Titik Kawasan Kota Dimeriahkan Pagelaran Wayang Kulit Semalam Suntuk

8 Titik Kawasan Kota Dimeriahkan Pagelaran Wayang Kulit Semalam Suntuk

Kabupaten Ngawi gelar wayang kulit serentak di 8 lokasi dalam kota

SINAR NGAWI™ Ngawi-Setidaknya 64 dalang pemula mementaskan berbagai lakon pagelaran wayang kulit di delapan titik lokasi wilayah kota Kabupaten Ngawi. Sukadi Kabid Kebudayaan Disparyapura setempat mengatakan, pagelaran wayang kulit ini sengaja dikemas dalam waktu yang sama dan khusus pagelaran dalang cilik dimulai sekitar pukul 13.00 WIB.


“Meski ini bukan festival, namun pementasan 64 dalang cilik dari tingkat pelajar SD hingga SMA sederajat juga ada diikuti para dalang cilik dari sanggar budaya yang sengaja didatangkan dari luar daerah Ngawi,” tandas dia.

Tambahnya, untuk dari luar daerah ada enam dalang cilik dari Sanggar Baladewa Pepadi Surabaya masing-masing Nur Juzmin, Berlian, Kurnia Laras , I Gusti Ray, Aryo S dan Anugrah P.

Suksesnya pagelaran dalang cilik dengan mengambil berbagai lakon mulai Semar Boyong, Anoman Takon Bopo hingga Kongso Adu Jago tidak lepas dari peran aktif Pepadi maupun Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Ngawi.

Sementara itu Ony Anwar Wakil Bupati Ngawi mengatakan, pagelaran dalang cilik merupakan suatu bentuk komitmen bersama untuk mengeksplorasi jiwa seni bagi para pelajar. Dan kedepanya dia meminta untuk memberikan support dari semua pihak atas kegiatan yang menjadi bagian dari pelestarian seni budaya Jawa.

“Mudah-mudahan apa yang dihasilkan dari pagelaran kali ini mampu direspon semua pihak jangan sampai para remaja malah tidak tahu terhadap budayanya sendiri.,” pungkasnya.
Pewarta: kun/pr
Editor: Kuncoro


Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda