PEMBERITAHUAN KEPADA KHALAYAK UMUM: Berhubung maraknya SMS ataupun Telepon yang mengatasnamakan Blog Media Sinar Ngawi, yang isinya meminta-minta sesuatu, diharapkan untuk lebih waspada dan hati-hati dan tidak menanggapi hal tersebut
Custom Search

Rabu, 07 September 2016

Home > > Kelebihan Bayar, Tunjangan Profesi Guru Terpangkas Separuh

Kelebihan Bayar, Tunjangan Profesi Guru Terpangkas Separuh

Kelebihan Bayar, Tunjangan Profesi Guru (TPG) Di Ngawi  dipangkas separuh

SINAR NGAWI™ Ngawi-Tunjangan Profesi Guru (TPG) yang rencana penyaluran senilai Rp 346 miliar kini tinggal Rp 155 miliar saja. Kepala Dinas Pengelola Pendapatan Keuangan dan Aset (DPPKA) Ngawi, Bambang Supriyadi menjelaskan, selain adanya aturan Kemenkeu tentang penghentian dana TPG dan Tambahan Penghasilan (TP) tahun anggaran 2016, juga disebabkan karena pembayaran riil TPG di Ngawi mengalami kelebihan.

“Dipastikan tahun ini ada penghentian sebagian TPG yang jumlahnya separuh dari pagu yang ada,” terang dia.

Tambahnya, penghentian penyaluran TPG senilai Rp 155 miliar dilakukan melalui dua tahapan. Untuk tahap pertama pada triwulan III dana TPG yang dikepras senilai Rp 86 miliar disusul tahap kedua pada triwulan IV senilai Rp 69 miliar.

Masih menurutnya, jika pagu TPG 2016 secara total untuk Ngawi sebesar Rp 346 miliar sebenarnya sudah sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 137 Tahun 2016 melalui rincian yang tertuang di Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2016.

Hanya saja, akibat kelebihan data riil pembayaran TPG untuk Ngawi menyebabkan tunjangan tersebut tidak terserap secara maksimal dan menjadikan Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (Silpa).

Meski demikian Bambang mengaku optimis, anggaran yang dikeluarkan pada triwulan pertama dan kedua mampu mencover kebutuhan TPG sampai akhir tahun 2016 ini.

Pungkasnya, penghentian TPG sudah melaui beberapa tahan evaluasi dengan pusat. Termasuk Kemendikbud, Kemenkeu bersama Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) melakukan rekonsiliasi dari data guru Pegawai Negeri Sipil Daerah (PNSD).

Hasilnya pun tetap sama, pembayaran riil TPG untuk Ngawi memang overload alias kelebihan anggaran.
Pewarta: kun/pr
Editor: Kuncoro


Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda