media online pemberitaan kabupaten ngawi
Diberdayakan oleh Blogger.
Custom Search

Selasa, 05 September 2017

Home > > Disperindagnaker Ngawi Gelar Pelatihan Pembuatan Aneka Kripik

Disperindagnaker Ngawi Gelar Pelatihan Pembuatan Aneka Kripik

Kripik jantung psang asal ngawi

SINAR NGAWI ™ Geneng-Bertempat di Desa Tambakromo, Kecamatan Geneng Ngawi, diadakan pelatihan pembuatan aneka kripik. Sri Wiyanti, Kabid Perindustrian Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperindagtaker) setempat mengatakan, kegiatan ini guna meningkatkan kualitas dari produksi makanan ringan yang banyak ditekuni warga desa tersebut.

“Selain itu juga untuk memotivasi warga desa lainnya (Tambakromo-Red), karena dengan usaha makanan ringan ini, bisa meningkatkan perekonomian,” terang dia.

Tambahnya, usaha aneka kripik, utamanya kripik singkong, jantung pisang, bonggol pisang serta kripik talas, bahan bakunya sangat mudah didapat dan selain lezat juga merupakan sumber gizi dengan harga yang terjangkau.

“Seperti bonggol pisang biasanya dibuang atau dijadikan sebagai pakan ternak, maka kita berdayakan sehingga mempunya nilai ekonomis,” tambanhya.

Masih ditempat yang sama, Sriyono, yang merupakan tutor dalam pelaytihan ini menjelaskan, di dalam bonggol pisang terdapat kandungan nutrisi yang cukup lengkap serta memiliki kandungan, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, besi, vitamin A, B1.

“Begitu juga dengan jantung pisang yang sarat akan kandungan yang bermanfaat bagi tubuh hanya disia-siakan begitu saja,” terang Sriyono.

Menurutnya, dengan mengolahnya dengan sedikit sentuhan dengan dibuat kripik jantung pisang atau biasa disebut Kejapi, maka nilai ekonomis akan didapat guna menambah penghasilan keluarga.

“Kita menggelar pelatihan lima jenis aneka kripik tersebut, karana bahan-bahan ini mudah didapat disekitar kita,” pungkasnya.
Pewarta: Kun/pAn
Editor: Kuncoro


Berita Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda