PEMBERITAHUAN KEPADA KHALAYAK UMUM: Berhubung maraknya SMS ataupun Telepon yang mengatasnamakan Blog Media Sinar Ngawi, yang isinya meminta-minta sesuatu, diharapkan untuk lebih waspada dan hati-hati dan tidak menanggapi hal tersebut
Custom Search

Selasa, 06 Oktober 2020

Home > > Hindari Pembajakan Dengan Perlindungan Hak kekayaan intelektual

Hindari Pembajakan Dengan Perlindungan Hak kekayaan intelektual

Ekonomo kreatif disparpora Kab Ngawi

SINAR NGAWI™ Ngawi-Hak kekayaan intelektual (HKI) merupakan hak eksklusif yang diberikan suatu peraturan kepada seseorang atau sekelompok orang atas karya ciptanya.

Yoyok Sulistyanto, Kabid komunikatif ekonomi kreatif Disparpora Ngawi mengatakan bahwa kegiatan fasilitasi perlindungan hak kekayaan intelektual (HKI) ekonomi kreatif dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada pelaku seni atau ekonomi kreatif tentang pentingnya perlindungan HKI, sehingga yang bersangkutan dapat melindungi hak cipta dan hak merek atas hasil karyanya. 

“Pelaku seni mapun pelaku ekonomi kreatif tersebut hanya perlu mendaftarkan ke kemenkumham, supaya tidak terjadi pembajakan dari pihak lain,” terang dia. 

Tambahnya, untuk kenyataan di lapangan, masih banyak pelaku seni atau ekonomi kreatif yang belum memahami adanya HKI tersebut, sehingga tidak jarang terjadi pembajakan hak cipta dan hak merek dari pelaku seni atau ekonomi kreatif tersebut.

Ditempat yang sama, Yudo Prasetyo yang dikenal dengan sebutan Cak Yudo, seniman kelahiran Desa Dumplengan, Kecamatan Pitu, Ngawi, juga menuturkan bahwa hasil karyanya berupa lagu-lagu juga sudah didaftarkan, sehingga tidak mungkin ada pihak lain yang akan berupaya membajaknya.

“Selanjutnya diharapkan semua pelaku seni atau pelaku ekonomi kreatif di Ngawi dapat segera melakukan upaya perlindungan HKI terhadap karya yang dihasilkan dan pihak Disparpora siap fasilitasi upaya dari para seniman atau pelaku ekonomi kreatif tersebut,” terang cak Yudo.  

Pewarta: Lia/pan
Editor : Kuncoro
Copyright :SN


Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda