PEMBERITAHUAN KEPADA KHALAYAK UMUM: Berhubung maraknya SMS ataupun Telepon yang mengatasnamakan Blog Media Sinar Ngawi, yang isinya meminta-minta sesuatu, diharapkan untuk lebih waspada dan hati-hati dan tidak menanggapi hal tersebut
Custom Search

Rabu, 10 Februari 2021

Home > > Varietas Unggul Baru Tebu Diharapkan Bisa Meningkatkan Produktivitas Hablur

Varietas Unggul Baru Tebu Diharapkan Bisa Meningkatkan Produktivitas Hablur

Ngawi dalam berita hari ini dan terkini

SINAR NGAWI™ Ngawi-Dengan upaya pengadaan Varietas Unggul Baru (VUB) tebu serta pengembangan lahan di Ngawi, diyakini dapat berdaya bersaing tinggi dalam hal peningkatan produktivitas gula.

Demikian dikatakan oleh Sunardi Edi Sukamto Ketua koperasi petani tebu rakyat Tebu Manis Ngawi usai menggelar RAT (Rapat Anggota Tahunan), yang digelar dengan protokol kesehatan yang ketat, bertempat di hall Notosuman. 

“Peningkatan produktivitas gula saat ini terkendala pengembangan lahan, dimana dengan adanya sibel, lahan pertanian tebu banyak yang beralih ke pertanian padi,” jelas dia. 

Tambahnya, jika adanya VUB tebu dengan produktivitas gula tinggi, maka diharapkan dapat meningkatkan biaya sewa lahan pertanian tebu, sehingga pengembangan lahan untuk pertanian tebu dapat dilakukan. 

Diperoleh informasi, PG Sudono sendiri merupakan pabrik gula satu-satunya di wilayah Ngawi yang memperkerjakan 2000 karyawan pada musim giling dan jika dengan total jumlah petani maka mencapai 10.000 orang, yang kesemuanya mengandalkan hasil pertanian tebu. 

Untuk peningkatan produktivitas gula melalui upaya pengadaan varietasunggul baru tebu dan pengembangan lahan, petani tebu mengharapkan adanya perhatian pemerintah daerah, yaitu dalam hal pinjaman modal lunak. 

“Sehingga petani tebu dapat survive menghadapi krisis akibat pandemi covid-19 yang berkepanjangan ini,” pungkasnya. 

Pewarta: tIm
Editor : Kuncoro
Copyright : SNM


Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda