media online pemberitaan kabupaten ngawi
Diberdayakan oleh Blogger.
Custom Search

Selasa, 07 September 2021

Home > > Dengan IKSENGA, Ngawi Raih Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji

Dengan IKSENGA, Ngawi Raih Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji

IKSENGA

SN-Media™ Ngawi-VENUE MEGAH BERBASIS IKSENGA (Intervensi Keluarga Sehat Melalui Kunjungan Rumah Berbasis Indeks Keluarga Sehat Kabupaten Ngawi) raih Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji dari Kementrian PANRB dalam ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2021 yang diinisiatori oleh Puskesmas Kwadungan.

Rika Wandansari, Kepala Puskesmas Kwadungan Ngawi mengatakan bahwa Iksenga merupakan aplikasi offline yang dibuat untuk menghitung IKS (Induk Keluarga Sehat) yang menjawab program nasional survey keluarga sehat melalui PIS-PK (Program Indonesia Sehat Melalui Pendekatan Keluarga). 

“Jadi database pelaksanaan survei yang diambil dari disdukcapil, sehingga secarara administrasi data sasaran bisa terupdate,” kata dia. 

Untuk menghitung IKS, masih menurutnya, telah dimasukkan 12 indikator keluarga sehat pada aplikasi Iksenga tersebut, diantaranya mengikuti program KB, menjadi peserta JKN, melahirkan di fasyankes, bayi imunisasi lengkap, ASI eksklusif serta pemantauan balita. 

“Selain itu terdapat indikator pengobatan sejumlah penyakit seperti TBC, hipertensi dan sakit jiwa serta tidak ada kebiasaan merokok dan tidak kalah pentingnya keluarga sehat harus mempunyai saluran air bersih dan jamban,” jelasnya lagi 

Sementara IKS yang dihasilkan oleh aplikasi Iksenga mempunyai skor dengan 3 kategori, yaitu skor kurang dari 50 (kategori tidak sehat), skor 50 - 80 (kategori pra sehat) dan skor di atas 80 (kategori sehat). 

Penghitungan IKS yang dilakukan di kecamatan Kwadungan mulai tahun 2018 hingga 2021, dimana terus mengalami progres meskipun di tahun 2021 masih di skor 75,5 atau kategori pra sehat 

“Selanjutnya hasil IKS pada aplikasi Iksenga tersebut menjadi dasar untuk pihak terkait di Kecamatan Kwadungan untuk melakukan upaya intervensi sehingga dapat memperoleh tujuan akhir yaitu skor 80 atau kategori sehat,” pungkasnya. 

Pewarta: sAy/Dam
Editor : Kuncoro
Copyright : SNM


Berita Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda