PEMBERITAHUAN KEPADA KHALAYAK UMUM: Berhubung maraknya SMS ataupun Telepon yang mengatasnamakan Blog Media Sinar Ngawi, yang isinya meminta-minta sesuatu, diharapkan untuk lebih waspada dan hati-hati dan tidak menanggapi hal tersebut
Custom Search

Sabtu, 03 September 2022

Home > > Produksi Teh Bunga Telang Asal Ngawi Siap Tembus Pasar Internasional

Produksi Teh Bunga Telang Asal Ngawi Siap Tembus Pasar Internasional

Berita Bisnis Hari Ini

SN-Media™ Sinar Ngawi Media-Bunga telang yang memiliki segudang manfaat, khusunya untuk kesehatan, kini mulai ngehits dikalangan masyarakat setelah muncul produk dipasaran berupa ekstrak teh biru yang mempunyai nama latin, Clitoria Ternatea.

Mengambil peluang ini, serta sumberdaya alam yang mendukung, Dedy Aris Feriyandika (30),entrepreneur muda asal warga Desa Gelung RT 05 RW 01 kecamatan Paron Ngawi, mencoba peruntungan dengan mengembangkan bisnis teh bunga telang yang dikemas berupa teh celup dan teh tubruk. 

Dedy, memulai usaha pada akhir Maret 2020, berawal dari informasi teman mengenai prospek teh bunga telang, yang dilanjutkan dengan langkah penanaman. Upaya penanaman tersebut, sukses hingga bisa menjual bahan baku bunga telang hampir 100 kilogram. 

Keberhasilan menjual bahan baku teh bunga telang tidak lantas membuat Dedy puas, justru memunculkan ide untuk membuat inovasi produk sendiri, yaitu membuat kemasan teh celup dan teh tubruk. 

Untuk tahapannya, dimulai dari pemetikan, penjemuran sinar matahari atau pengeringan oven, setelah bunga kering kemudian dihaluskan menggunakan blender, dilanjutkan dengan pengemasan dalam bentuk  teh celup dan siap didistribusikan. 

Disela-sela upaya produksi dalam bentuk kemasan teh celup dan teh tubruk, Dedy juga menproses perizinan, berupa PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga), sertifikat keamanan pangan serta sertifikat halal untuk produk, sehingga dengan perizinan tersebut maka upaya ekspor teh bunga telang terbuka lebar. 

Omzet penjualan minuman kemasan teh celup dan teh tubruk milik Dedy, saat ini mencapai 5 hingga 10 juta perbulan. Untuk pemasaran saat ini, secara langsung tingkat lokal di toko-toko sampai pasar tradisional. Produk kemasan teh celup dan teh tubruk milik Dedy, juga dipasarkan pada beberapa pasar modern, selan juga dipasarkan secara online.

Untuk satu kemasan teh celup bunga telang dijual dengan harga Rp 15.000, sedangkan teh tubruk kemasan per10 gram dengan harga Rp 8.000.  

Pewarta: Dam-Tim
Editor : Kuncoro
Copyright : SNM


Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda