media online pemberitaan kabupaten ngawi
Diberdayakan oleh Blogger.
Custom Search

Selasa, 02 Mei 2023

Home > > Hardiknas 2023, Bupati Ony Tekankan Guru Penggerak Punya Tugas Character Building

Hardiknas 2023, Bupati Ony Tekankan Guru Penggerak Punya Tugas Character Building

Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023 Dalam Berita Sinar Ngawi

SN-Media™ Ngawi-Bupati Ony Anwar Harsono memimpin jalannya Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2023, yang berlansung di alun-alun Ngawi pada Selasa (02/05/2023).

Bertemakan bergerak bersama semarakkan merdeka belajar, upacara berlangsung khidmat, yang dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan lomba peringatan Hardiknas 2023 serta pertunjukkan tari kreasi tradisional dari Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). 

Ony Anwar Harsono, Bupati Ngawi dalam keterangannya mengatakan, selama kurang lebih tiga tahun ini, terdapat perubahan besar-besaran pada pendidikan yang ada di Indonesia, yakni adanya merdeka mengajar dan merdeka belajar. 

Merdeka mengajar bagi guru bermakna guru didalam menyampaikan pembelajaran tidak lagi diikat dengan peraturan-peraturan, melainkan bebas berkreasi sehingga pembelajaran lebih menyenangkan. 

Sedangkan merdeka belajar bagi siswa, mengandung makna siswa bebas belajar sesuai dengan peminatan dan kemampuannya, yang bisa jadi berbeda dengan siswa yang lain, tentunya dengan pendampingan guru. 

Adanya program tersebut, guru di Ngawi tampak antusias menyambut, terbukti di Ngawi telah meluluskan guru penggerak angkatan ke 5 serta yang sedang berlangsung saat ini guru penggerak angkatan ke-7. 

“Guru penggerak harus lebih kreatif dan inovatif dalam pembelajaran, serta mempunyai tugas dalam character building atau membangun karakter siswa sebagai profil pelajar Pancasila.” jelas Ony. 

Sedangkan untuk hasilnya, masih menurutnya bahwa meskipun baru beberapa waktu dijalankan, yang mana dengan pembelajaran 5 hari sekolah dan diberikannya ruang bagi siswa untuk memilih kegiatan sesuai peminatannya, tampak sudah tercapai sejumlah karakter siswa seperti disiplin, tanggung jawab dan kerjasama. 

Sementara jalannya upacara memperingati Hardiknas 2023, juga diikuti Wakil Bupati Ngawi, Forkopimda, Kepala OPD, Camat, dan Kepala Sekolah se-kabupaten Ngawi serta perwakilan pelajar dan mahasiswa.  

Pewarta: Dam
Editor : Yas
Copyright : SNM


Berita Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda