PEMBERITAHUAN KEPADA KHALAYAK UMUM: Berhubung maraknya SMS ataupun Telepon yang mengatasnamakan Blog Media Sinar Ngawi, yang isinya meminta-minta sesuatu, diharapkan untuk lebih waspada dan hati-hati dan tidak menanggapi hal tersebut
Custom Search

Kamis, 26 Januari 2012

Home > > PUTING BELIUNG RATAKAN RUMAH WARGA

PUTING BELIUNG RATAKAN RUMAH WARGA

| NGAWI SINAR NGAWI | portal pemberitaan Ngawi|Berita Kabar Warta info terbaru seputar tentangTerjangan anging puting beliung di wilayah Ngawi selatan, tepatnya di Desa Karanggupito dan Desa Sidorejo Kecamatan Kendal Ngawi pada Rabu (25/1), yang diperkirakan terjadi sekitar pukul 08.00 wib hingga sore itu membuat porak poranda tak kurang dari 350 rumah rusak, diperparah dengan kebun cengkeh serta Jeruk juga turut ludes lantaran banyak yang roboh.

“Peristiwa kemarin itu sempat membuat kepanikan warga sekitar desa ini, angin menerpa genting rumah warga hingga berterbangan tidak terkecuali pohon pun ikut roboh,” terang Ngadiman, warga Desa Karanggupito. Kemudian menurut keterangan beberapa warga setempat, sekitar pukul 14.00 wib angin putting beliung sempat meniup dengan kencangnya. ”Sehabis sholat dhuhur suara angin bergemuruh dan saya berlari keluar rumah sambil menyelamatkan keluarga,” kata Budiono, warga lainya yang rumahnya juga mengalami kerusakan.

Untuk sementara data yang diperoleh akibat terjangan putting beliung untuk Desa Karanggupito sebanyak 350 rumah mengalami kerusakan sedang sedangkan yang rusak parah mencapai 50 rumah. “Tadi malam kami beserta perangkat desa lainya langsung mendata jumlah rumah tapi itupun sifatnya masih data sementara,” jelas Bambang, Kepala Desa Karanggupito.

Untuk kerugian materinya Bambang menambahkan, sampai kamis pagi mencapai 1,5 miliar. Kerugian yang cukup besar tersebut akibat ribuan pohon cengkeh dan kebun jeruk milik warga pada tumbang.

”Kali ini secara materi memang tercatat cukup besar dampak dari puting beliung tersebut meskipun tidak ada korban jiwa atau luka dibanding tahun 2009 lalu juga terjadi bencana yang sama, dimana untuk awal tahun ini kerugian mencapai miliaran rupiah disebabkan pohon cengkeh yang sudah mulai berbunga ikut rusak padahal kalau dihitung mencapai ribuan pohon,” urainya lagi.

Seperti yang dilansir dari berbagai informasi sebelumnya, kawasan Desa Karanggupito dan sekitarnya merupakan wilayah yang sering terkena bencana puting beliung hampir setiap tahun terjadi. Faktor utamanya seperti terlihat dari letak secara geografis Desa Karanggupito bagian dari Kecamatan Kendal bagian selatan tersebut berada pada cekungan beberapa bukit disisi kanan kirinya.

Angin puting beliung pada waktu yang bersamaan juga memporaporandakan Desa Sidorejo. Di wilayah ini data sementara dari kantor desa setempat, tercatat 1 rumah roboh tepatnya di Dusun Wijil dan 88 rumah mengalami kerusakan sedang.

Kemudian seperti yang terlihat dilokasi puting beliung di kedua desa, pihak aparat dari Koramil 0809 Kendal langsung melakukan perbaikan ratusan rumah yang terkena robohan pohon.

”Selain melakukan perbaikan rumah yang rusak, pihak Koramil langsung menyingkirkan ratusan pohon yang roboh ditengah jalan desa supaya jalur tranportasi tidak terganggu,” ujar salah satu anggota Koramil 0809 Kendal.

Selain itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ngawi pada waktu yang sama langsung melakukan pendataan guna mengetahui seberapa besar tingkat kerusakan dan kerugian materi. ”Untuk sementara kita data terlebih dahulu sebelum melangkah ke tindakan lainya,” tegas Eko Heru N, Kepala BPBD Ngawi. (pr)

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda