PEMBERITAHUAN KEPADA KHALAYAK UMUM: Berhubung maraknya SMS ataupun Telepon yang mengatasnamakan Blog Media Sinar Ngawi, yang isinya meminta-minta sesuatu, diharapkan untuk lebih waspada dan hati-hati dan tidak menanggapi hal tersebut
Custom Search

Rabu, 10 April 2013

Home > > Desa Grudo Masuk Penilaian PHBS Nasional 2013

Desa Grudo Masuk Penilaian PHBS Nasional 2013

| SINAR NGAWI™ | portal pemberitaan Ngawi| Berita | Kabar | Warta | info | NEWS | terbaru | terkini | hari ini | LPSE NGAWI |NGAWI™ Bupati Ngawi Ir Budi Sulistyono menyambut tim penilai lomba Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan pelaksana terbaik PHBS Tingkat Nasional di Desa Grudo, Kecamatan Ngawi Kota, yang mana Desa Grudo mampu menjadi Nominasi Tingkat Nasional pada lomba HKG KB- Kesehatan Jenis lomba PHBS yang akan menyisihkan 500 Kabupaten lainya (10/4).

Dalam mengawali sambutannya Bupati Ngawi menyampaikan bahwa dalam mensukseskan Program Keluarga Berencana dan Pembangunan di bidang Kesehatan telah dilaksanakan secara terpadu sejak tahun sebelumnya.

Hal ini sebagai sikap adanya kesungguhan Tim Penggerak PKK mulai dari tingkat pusat sampai daerah agar hasilnya dapat dirasakan oleh masyarakat Ngawi khususnya.

Selain itu Kanang demikian panggilan akrab dari Bupati Ngawi menjelaskan, bahwa 10 indikator capaian PHBS rata-rata di Desa Grudo ini diatas 75 persen mendasar 1.445 rumah tangga yang disurvei.

Urainya lagi, untuk mencapai tujuan tersebut dilaksanakan melalui program pemberdayaan kesehatan keluarga serta meningkatkan cakupan dan kualitas pelayanan KB dan Kesehatan yang dilakukan melalui kelompok Dasawisma, Posyandu, petugas pembantu KB desa, SUB PPKBD, Polindes, Pos Kesehatan Desa dan Puskesmas.

Dengan hasil tersebut jelas Kanang, berbagai prestasi telah disabetnya termasuk saat ini PKK Kabupaten Ngawi dengan pelaksana terbaik PHBS di Desa Grudo mampu menjadi nominasi di Tingkat Nasional yang saat ini ditindak lanjuti dengan penilaian di lapangan yakni terhadap masyarakat.

“Dari prestasi ini kedepanya terus kita pertahankan jangan sampai tertinggal dari daerah lainya dan yang perlu kita banggakan penilaian PHBS saat ini mudah-mudahan Kabupaten Ngawi menjadi pemenang di tingkat nasional,” tegas Kanang.

Selaku Bupati Ngawi, Kanang menilai plus terhadap tingkat kesadaran yang cukup tinggi masyarakat mau dan mampu memahami 10 indikator pelaksanaan perilaku hidup bersih dan sehat yang dilaksanakannya setiap hari.

Sehingga Desa Grudo mampu menjadi Nominasi Tingkat Nasional pada lomba HKG KB- Kesehatan Jenis lomba PHBS yang akan menyisihkan 500 Kabupaten lainya.

Dalam kesempatan yang sama Susi Subekti ketua Tim Penilai Lomba HKG KB- Kesehatan Jenis Pelaksana Terbaik PHBS pusat menjelaskan ada beberapa kategori yang menjadi penilaianya.

Terutama kebersihan lingkungan meliputi tempat pembuangan sampah, fasilitas umum dan perilaku masyarakat. Susi Subekti menguraikan lagi, rumah sehat juga masuk penilaian termasuk ketersediaan ventilasi dan fasilitas MCK yang nantinya akan masuk ke kategori madya dan utama.

Dalam penilaian ini tidak kalah pentingnya tegas Susi Subekti, timnya akan memantau bagaimana masyarakat Desa Grudo yang telah aktif melalui kader jumantik melakukan pemantauan sehingga lingkungannya bebas jentik, masyarakat suka makan sayur dan buah , masyarakat melakukan aktifitas fisik setiap hari termasuk olah raga dan lainya, juga yang terpenting adalah tidak adanya budaya merokok terlebih didalam rumah. (ADV/pr)

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda