PEMBERITAHUAN KEPADA KHALAYAK UMUM: Berhubung maraknya SMS ataupun Telepon yang mengatasnamakan Blog Media Sinar Ngawi, yang isinya meminta-minta sesuatu, diharapkan untuk lebih waspada dan hati-hati dan tidak menanggapi hal tersebut
Custom Search

Sabtu, 22 Februari 2014

Home > > Tak Lagi Diperhatikan Pemerintah, Situs Reco Banteng Terancam Rusak

Tak Lagi Diperhatikan Pemerintah, Situs Reco Banteng Terancam Rusak

 Situs Arca Banteng di Desa Wonorejo, Kecamatan Kedunggalar, Ngawi

NGAWI™ Situs Arca Banteng tepatnya di Dusun Reco Banteng, Desa Wonorejo, Kecamatan Kedunggalar, Ngawi kini makin mengenaskan. Kondisi tersebut, disebabkan kurangnya perhatian dari pemerintah. Padahal satu sisi situs tersebut merupakan aset daerah baik Pemkab Ngawi maupun Pemprop Jawa Timur.


Widayunarto (30) seorang juru pelihara (jupel) mengatakan situs Arca Banteng statusnya dibawah pengawasan Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Mojokerto dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Jawa Timur.

Akan tetapi kenyataanya situs yang berjumlah belasan sekarang ini kondisinya ada yang rusak. Kerusakan sendiri akibat faktor alam juga banyak yang tak terurus. Padahal, dulu pernah ada penelitian mengenai situs pra sejarah tersebut.

Namun, kini tak ada lagi instansi yang memperhatikannya. “Sebagai juru pelihara tentunya saya mengharapkan situs ini dikelola dengan baik oleh pemerintah,” terangnya, Sabtu (22/02).

Diakuinya, warga sekitar situs sendiri menginginkan pemerintah segera turun tangan untuk menyelamatkan asset tersebut. Soalnya, kalau dibiarkan rusak maka akan ada sejarah yang hilang.

“Situs ini biasa disebut dengan Reco Banteng yang didalamnya mengandung sejarah era runtuhnya Majapahit, dan kemungkinan lokasi sekitar situs sini kalau digali masih banyak peninggalan karena alasan tertentu dari BP3 Mojokerto maka untuk sementara dilarang,” pungkasnya.(pr)

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda