PEMBERITAHUAN KEPADA KHALAYAK UMUM: Berhubung maraknya SMS ataupun Telepon yang mengatasnamakan Blog Media Sinar Ngawi, yang isinya meminta-minta sesuatu, diharapkan untuk lebih waspada dan hati-hati dan tidak menanggapi hal tersebut
Custom Search

Sabtu, 13 September 2014

Home > > Jatim Specta Night Carnival Full Etnik Tradisional kontemporer

Jatim Specta Night Carnival Full Etnik Tradisional kontemporer

Berita carnival ngawi night

NGAWI™ Parade seni budaya Jawa Timur 2014 dengan mengambil tema Jatim Specta Night Carnival yang diselenggarakan di Kabupaten Ngawi, diikuti 30 kabupaten/kota se-Jawa Timur yang dikemas dalam etnik tradisional kontemporer dan diselenggarakan malah hari. Sehingga Ngawi satu-satunya penyelenggara karnaval budaya yang lain dari kebiasaanya untuk skala nasional, (13/09).


“Baru pertama kalinya karnaval budaya setingkat Jawa Timur mengambil waktu malam di Kabupaten Ngawi ini diselenggarakan bahkan secara nasional,” terang Jarianto Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur kepada media.

Jarianto mengungkapkan Jatim Specta Night Carnival yang dihadiri Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf merupakan karnaval yang sangat unik, karena mengangkat tema etnik tradisional kontemporer dari budaya lokal sesuai daerah yang mengusungnya.

Tujuan utamanya adalah untuk menjembatani antara modernitas dengan seni budaya lokal khas yang dikemas dalam karnaval sehingga lebih memiliki nilai jual dalam perkembangan pariwisata seni dan budaya di Jawa Timur.

Selain itu ditegaskan menciptakan kreatifitas dan produktifitas seniman dalam berolah seni dan pertunjukan yang dikemas karnaval bercirikan budaya Jawa Timur. Selain itu parade budaya yang dimaksudkan akan mengenalkan lebih dini akan seni budaya bangsa sendiri terhadap generasi muda.

Ditempat yang sama Saifullah Yusuf Wakil Gubernur Jawa Timur sebelum melepas peserta karnaval menekankan bahwa parade budaya merupakan identitas dari sebuah bangsa sesuai etniknya. Bahkan Jawa Timur akan terus mempertahankan dalam menggelar parade budaya sehingga nantinya menjadi seni tradisi satu-satunya di Indonesia.

“Parade semacam ini tidak dimiliki daerah lain bahkan se-Indonesia belum ada kecuali di Jawa Timur ini,” ungkapnya. Menyangkut Kabupaten Ngawi sebagai tuan rumah urainya selama ini memang mempunyai andil yang cukup besar dalam berkontribusi terhadap perkembangan budaya di Jawa Timur.

Sedang Budi Sulistyono Bupati Ngawi sendiri menuturkan dari perkembanganya kreatifitas budaya didaerahnya menunjukan angka yang cukup pesat dibanding dari beberapa tahun sebelumnya.

Hal ini tidak lepas dari setiap paket kegiatan seni budaya menuju Ngawi spectakuler dan terutama menyambut Ngawi Visit Years 2017 mendatang. Dalam Jatim Specta Night Carnival meskipun diselenggarakan malam hari tidak luput dari perhatian warga masyarakat dari berbagai wilayah.

Terbukti gaungnya mampu menyedot ribuan warga dari beberapa kota sekitar Ngawi tumpah ruah disepanjang jalan dari area start depan kantor Pemkab Ngawi sampai Stadion Ketonggo.


Pewarta: Purwanto
Editor: Kuncoro



Artikel Terkait



1 komentar:

Anonim mengatakan...

Sebuah perkembangan budaya yang perlu di junjung dan di lestarikan, khususnya untuk kab Ngawi, dan umumnya Jatim. Maju terus kota Ngawi,..

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda