media online pemberitaan kabupaten ngawi
Diberdayakan oleh Blogger.
Custom Search

Kamis, 20 November 2014

Home > > 20 KK Transmigran Asal Ngawi Diberangkatkan Ke Gorontalo Dan Bulungan

20 KK Transmigran Asal Ngawi Diberangkatkan Ke Gorontalo Dan Bulungan

berita terkait program transmigrasi

NGAWI™ Pemerintah Kabupaten Ngawi melalui Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi memberangkatkan 20 Kepala Keluarga atau sekitar 63 keluarga transmigran dengan daerah tujuan Propinsi Kalimantan Utara dan Propinsi Gorontalo. Secara resmi rombongan transmigran diberangkatkan oleh Sunarto Kepala Dinsosnakertrans mewakili Budi Sulistyono Bupati Ngawi dari Aula Kantor Dinsosnakertrans setempat, (20/11).


Sunarto dalam keteranganya, sebanyak 10 KK atau 34 jiwa diberangkatkan ke Unit Permukiman Transmigrasi (UPT) Tanjung Buka, Kecamatan Tanjung Palas Tengah, Kabupaten Bulungan, Propinsi Kalimantan Utara. Sedangkan 10 KK lainya yang terdiri dari 29 jiwa diberangkatkan ke UPT Puncak, Kecamatan Pulubala, Kabupaten/Propinsi Gorontalo.

Dalam sambutanya Sunarto Kepala Dinsosnakertrans Kabupaten Ngawi menegaskan, sangat diharapkan para transmigran dari Ngawi ini dapat berhasil sukses sehingga taraf hidupnya baik ekonomi, sosial dan budaya dapat meningkat.

“Sangat kita tekankan tiba di daerah tujuan nanti para transmigran segera dapat beradaptasi dengan lingkungan barunya. Mereka juga harus lebih giat dalam bekerja sesuai tujuan dari program transmigrasi itu sendiri,” kata Sunarto.

Hematnya, program transmigrasi merupakan program pembangunan nasional yang telah memberikan kontribusi positif salah satunya dapat mengatasi persoalan kemiskinan dan kesempatan kerja pada sektor pertanian di daerah transmigrasi.

“Paling terpenting bagi saudara peserta transmigrasi ini adalah semangat gotong royongnya dan jangan mudah patah semangat sebelum sukses. Karena secara pasti mereka akan melewati masa-masa sulit hingga setahun lebih bahkan dua tahun,” tandasnya lagi.

Untuk daerah tujuan Kabupaten Bulungan kata dia pemerintah khususnya Kabupaten Ngawi melalui anggaran APBD akan memberikan bantuan jaminan hidup selama 1 tahun sedangkan daerah tujuan Kabupaten Gorontalo hanya 3 bulan.

Dipastikan setiap KK jelas Sunarto, secara bertahap akan mendapatkan lahan pertanian seluas 2 hektar ditambah lahan pekarangan sekitar ½ hektar. Menurutnya, sebelum diberangkatkan ke lokasi tujuan, para calon transmigran tersebut telah mendapatkan pembekalan khusus di balai Latihan Ketransmigrasian Yogyakarta.

“Mereka sebelumnya sudah mendapatkan ketrampilan serta materi tentang pertanian. Dan hari ini para transmigran akan singgah terlebih dahulu di Dinsosnakertrans Propinsi Jawa Timur untuk diberikan arahan serta kelengkapan administrasi lainya,” pungkas Sunarto.
Pewarta: Purwanto/ADV
Editor: Kuncoro



Berita Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda