PEMBERITAHUAN KEPADA KHALAYAK UMUM: Berhubung maraknya SMS ataupun Telepon yang mengatasnamakan Blog Media Sinar Ngawi, yang isinya meminta-minta sesuatu, diharapkan untuk lebih waspada dan hati-hati dan tidak menanggapi hal tersebut
Custom Search

Kamis, 13 Juli 2017

Home > > Produksi Telur Asin Dan Kripik Singkong Di Desa Sekaralas Makin Menggeliat

Produksi Telur Asin Dan Kripik Singkong Di Desa Sekaralas Makin Menggeliat

Profille Desa Sekaralas Ngawi

SINAR NGAWI™ Widodaren-Perjalanan sekitar 1 jam dari pusat kota, Desa Sekaralas Kabupaten Ngawi merupakan satu dari 12 desa yang ada di Kecamatan Widodaren. Dari jumlah penduduk sebanyak 5687 Jiwa serta luas desa 886,97 Ha, sebagian besar warganya adalah petani, dan 1502 keluaga diantaranya memiliki tanah pertanian sendiri.

“Guna memperlancar akses hasil pertanian maka dengan menggunakan Dana Desa (Red), kita prioritaskan melakukan perbaikan infrastruktur jalan dengan paving block,” terang Sihmanto, Kades setempat.

Tambahnya, meski sebagian besar warganya adalah petani, namun seiring dengan waktu berjalan kegiatan wirausaha UMKM juga mulai berkembang. Produksi telur asin maupun kripik singkong mulai berkembang pesat.

“Tentu saja dengan akses jalan yang layak, maka secara umum akan memperlancar perekonomian yang ada di desa ini,” jelas dia lagi.

Untuk pavingisasi diutamakan pada jalan protokol Desa Sekaralas sepanjang 700 M, karena akses jalan ini yang menghubungkan langsung dengan Desa Kayutrejo Kecamatan Widodaren.

Dapat ditambahkan, sesuai Perdes No: 188/03/404.317.04/2017, Desa sekaralas berbatasan langsung dengan Desa Kayutrejo di sebelah utara, sebelah selatan Desa Pucangan, sebelah barat Desa Cepoko dan sebelah timur Desa Sekarputih.

Desa Sekaralas sendiri terbagi menjadi 4 dusun, Yakni Dusun Sekaralas, Waturumpuk, Katerban dan Dusun Wadangkerep

Untuk sarana dan prasarana pendidikan, terdapat 1 Play Group, 4 TK, serta untuk jenjan SD, SMP dan SMA masing-masing ada 1 lembaga.

Mendasar luas wilayah menurut penggunaan, terdiri untuk tanah sawah seluas 450 Ha, tanah kering 150 Ha, tanah perkebunan 24.05 Ha.
Pewarta: Kun/pAn
Editor: Kuncoro


Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda