PEMBERITAHUAN KEPADA KHALAYAK UMUM: Berhubung maraknya SMS ataupun Telepon yang mengatasnamakan Blog Media Sinar Ngawi, yang isinya meminta-minta sesuatu, diharapkan untuk lebih waspada dan hati-hati dan tidak menanggapi hal tersebut
Custom Search

Kamis, 10 Agustus 2017

Home > > Desa Kedunggudel Akan Kembangkan Usaha Emping Garut

Desa Kedunggudel Akan Kembangkan Usaha Emping Garut

Profil desa kedunggudel kecamatan widodaren Kabupaten ngawi

SINAR NGAWI ™ Widodaren-Desa Kedunggudel merupakan salah satu desa dari 12 desa yang ada di Kecamatan Widodaren Ngawi, memiliki luas desa 438 Ha, dan jarak menuju pusat pemerintahan kabupaten sekitar 34,4 Km. Mas’udi kades setempat menjelaskan bahwa sebagian warganya adalah petani dengan luas areal persawahan 279 Ha dan mampu menghasilkan padi sebesar 2790 ton per Ha.

“Ini merupakan kemajuan yang pesat dibidang pertanian, maka guna menunjang akses hasil pertanian, itu sangat penting melakukan perbaikan dan normalisasi jalan dengan paving block,” terang dia.

Urainya lagi, bukan hanya sektor pertanian ataupun perkebunan saja yang menjadi perhatian pemerintah desa, namun jenis wirausaha seperti produksi rumahan krupuk rambak serta emping garut dan tempe buntel juga akan dibina guna bisa lebih berkembang lagi.

“Ini juga prioritas di desa kami (Kedunggudel-Red), kedepan akan menggandeng pihak-pihak terkait guna memajukan usaha kecil menengah ini sebagai bentuk produk unggulan desa,” katanya lagi.

Dengan jumlah penduduk sekitar 5577 jiwa, Desa kedunggudel yang melakukan perbaikan infrastruktur jalan berupa pavingisasi serta pembuatan talud dengan menggunakan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2017, yang masuk dalam kategori keluarga pra sejahtera ada sekitar 297 KK.

“Maka dari itu, usaha kecil ini patut dikembangkan guna menambah penghasilan selain pekerjaan pokok yang sebgian warga adalah bertani,” kata Mas’udi.

Sementara, untuk perkembangan sarana dan prasarana kesehatan masyarakat, setidaknya ada 7 posyandu dengan jumlah kader aktif 35 orang, sedangkan jumlah kader bina keluarga balita aktif sebanyak 7 orang.

Dan desa yang terdiri dari dua dusun, yakni Kedunggudel dan Dusun Ngeblak, untuk jenis peternakan juga cukup berkembang, diantaranya ternak sapi, kambing maupun kuda.
Pewarta: Kun/pAn
Editor: Kuncoro


Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda