media online pemberitaan kabupaten ngawi
Diberdayakan oleh Blogger.
Custom Search

Sabtu, 02 Desember 2017

Home > > Penawar Racun Devide Et Impera Kebo Ketan Dimandikan Di Sedang

Penawar Racun Devide Et Impera Kebo Ketan Dimandikan Di Sedang

Wisata budaya Ngawi Jatim

SINAR NGAWI™ Ngawi-Jelang sehari ritual upacara Kebo Ketan dengan tema Penawar Racun Devide Et Impera, diawali dengan proses guyang kebo ketan (istilah memandikan hewan-Red) di Sendang Margo masuk Alas Begal dengan arak-arakan sajian budaya khas besutan Bramantyo Prijosusilo dimulai dari lapangan Desa Sekarputih, Kecamatan Kedunggalar, Ngawi.

Dan sesuai rencana rundown upacara jatuh pada tanggal 04 Desember 2017, dengan disajikan pagelaran wayang kulit yang dibawakan oleh dalang Ki Seno Nugroho dari Yogyakarta.
Namun sebelumnya, pada puncak ritual Kebo Ketan didukung 873 seniman dari berbagai latar seni yang datang dari berbagai daerah.

Dari data yang ada disebutkan, untuk komunitas Prana dari Ubud Bali yang didukung belasan personel akan menampilkan musik dan tari. Selain itu, dari Yogyakarta tercatat akan menampilkan grup muda berisi musisi jenius.

Brightsize Trio yang baru kembali dari tur di Eropa. Sementara itu Denny Dumbo dan kawan-kawan, akan menyajikan musik sakralisasi mengiring puncak upacara penyembelihan Sang Kebo Ketan.

Sedang dari Jakarta akan datang kelompok Bonita & The Hus Band, dan Dima Miranda & The Jatiwangi Art Factory, serta KH. Dr. Zastrouw Ngatawi dan Ki Ageng Ganjur. Kelompok rock dari era tahun 1990 an, Elpamas, akan menjadi gong pertunjukan musik Upacara Kebo Ketan, membawa formasi istimewa dengan 2 vokalis. Satu satunya musisi yang tampil sendiri adalah baladawan Yogyakarta Sri Krishna.

Pada prosesi upacara Kebo Ketan juga melibatkan seniman lokal Ngawi dan tentunya menampilkan berbagai pentas seni seperti Reog Kebonagung Sekarputih, kelompok hadrah dan tari Sufi Madin Al Fatih dari Ngrambe, serta Penthul Melikan, dan kerawitan dari Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kabupaten Ngawi ditambah warga yang terlibat di dalam persiapan dan pelaksanaan artistik dan teatral prosesi.

Beberapa seniman kebanggaan Indonesia dengan reputasi internasional juga bakal dilibatkan seperti Djoko Pekik dan Heri Dono, seniman gerak rohani (gerak Amerta) Suprapto Suryodarmo dan seniman performas Arahmaiani. Aktor senior Otig Pakis akan melaksanakan penyembelihan Sang Kebo Ketan.
Pewarta: Kun/pr
Editor: Kuncoro

Berita Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda