PEMBERITAHUAN KEPADA KHALAYAK UMUM: Berhubung maraknya SMS ataupun Telepon yang mengatasnamakan Blog Media Sinar Ngawi, yang isinya meminta-minta sesuatu, diharapkan untuk lebih waspada dan hati-hati dan tidak menanggapi hal tersebut
Custom Search

Selasa, 25 September 2018

Home > > Garap Kewirausahaan Dengan Pelatihan Pembuatan Aneka Keripik

Garap Kewirausahaan Dengan Pelatihan Pembuatan Aneka Keripik

Aneka keripik di Kabupaten Ngawi

SINAR NGAWI™ Ngawi-Bertempat di Desa Talang, Kecamatan Jogorogo Ngawi, diadakan pelatihan pembuatan aneka kripik. Sri Wiyanti, Kabid Perindustrian Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperindagtaker) setempat mengatakan, bahwa kegiatan ini guna meningkatkan perekonomian warga karena ketersediaan bahan baku yang berlimpah.


“Dengan memanfaatkan bahan baku yang mudah didapat, serta melakukan pembekalan pengetahuan diharapkan ini sebagai wujud dalam rangka meningkatkan taraf ekonomi warga,” terang dia.

Tambahnya, usaha aneka kripik, utamanya kripik singkong, jantung pisang, bonggol pisang serta kripik talas, bahan bakunya sangat mudah didapat dan selain lezat juga merupakan sumber gizi dengan harga yang terjangkau.

“Seperti bonggol pisang biasanya dibuang atau dijadikan sebagai pakan ternak, maka kita berdayakan sehingga mempunya nilai ekonomis,” uranya kemudian.

Masih ditempat yang sama, Sriyono, yang merupakan tutor dalam pelaytihan ini menjelaskan, di dalam bonggol pisang terdapat kandungan nutrisi yang cukup lengkap serta memiliki kandungan, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, besi, vitamin A, B1.

“Begitu juga dengan jantung pisang yang sarat akan kandungan yang bermanfaat bagi tubuh hanya disia-siakan begitu saja,” terang Sriyono.

Menurutnya, dengan mengolahnya dengan sedikit sentuhan dengan dibuat kripik jantung pisang atau biasa disebut Kejapi, maka nilai ekonomis akan didapat guna menambah penghasilan keluarga.

“Kita menggelar pelatihan lima jenis aneka kripik tersebut, karana bahan-bahan ini mudah didapat disekitar kita,” pungkasnya.(ADV)
Pewarta: Kun
Editor: Kuncoro


Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda