PEMBERITAHUAN KEPADA KHALAYAK UMUM: Berhubung maraknya SMS ataupun Telepon yang mengatasnamakan Blog Media Sinar Ngawi, yang isinya meminta-minta sesuatu, diharapkan untuk lebih waspada dan hati-hati dan tidak menanggapi hal tersebut
Custom Search

Selasa, 18 Desember 2018

Home > > Jadikan Potensi Unggulan Desa Dengan Budidaya Tananaman Pangan Jagung

Jadikan Potensi Unggulan Desa Dengan Budidaya Tananaman Pangan Jagung

Desa Bangunrejo Karanganyar Ngawi Jatim

SINAR NGAWI™ Ngawi-Desa Bangunrejo, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Ngawi, memiliki memiliki jumlah penduduk 2.747 jiwa dan 465 diantaranya adalah sebgai petani. Sutrisno, Kades setempat mengatakan, untuk tanaman pangan jenis padi, dari luas areal persawahan mencapai 58 hektar lebih, mampu menghasilkan produksi sekitar 5 ton per panen.

“Pembangunan, utamanya yang menggunakan Dana Desa (DD) tahun 2018 ini masih kita prioritaskan untuk mendongkrak potensi pertanian,” jelas dia.

Tambahnya, dengan melakukan pembangunan Talud Penahan Tanah (TPT), ini berfungsi sebagai penahan bahu jalan agar tidak longsor, sehingga kondisi jalan poros desa lebih terawatt dan tertata.

“Adanya akses jalan yang layak, ini sangay membantu warga dalam, baik dari segi ekonomi, pendidikan maupun kesehatan,” tambahnya lagi.

Masih menurutnya, selain sebagian besar warga desa adalah petani, juga tak sedikit yang menekuni wiraswasta, juga mulai berkembang jenis uha ternak yang kian maju.
“Meski hanya sampingan, namun hasil ternak sangat potensial sekali dalam menambah serta memperkuat perekonomian warga desa,” urainya.

Potensi unggulan desa yang kini tengah digarap, yakni untuk sektor produksi tanaman jagung. Diharapkan kedepannya akan terus mengalami peningkatan, baik mutu maupun hasil panenya.

“Karena luasan lahan untuk perkebunan juga mempunyai luasan yang berimbang dengan areal persawahan,” pungkasnya.
Pewarta: Kun/pAn
Editor: Kuncoro


Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda