media online pemberitaan kabupaten ngawi
Diberdayakan oleh Blogger.
Custom Search

Senin, 12 Agustus 2019

Home > > Pavingisasi Jalan Desa Berpeluang Meningkatkan Perekonomian Warga

Pavingisasi Jalan Desa Berpeluang Meningkatkan Perekonomian Warga

Profil Desa Sambirejo Kabupaten Ngawi

SINAR NGAWI™ Ngawi-Keberadaan akses jalan yang layak menjadi kebutuhan yang sangat mendasar guna meningkatkan taraf hidup masyarakat desa. Sudarsono, Kepala Desa Sambirejo, Kecamatan Mantingan Ngawi mengatakan, dengan dibangunnya infrastruktur jalan berupa pavingisasi yang dianggarkan lewat Dana Desa (DD) tahun 2019, ini sebagai wujud untuk kepedulian baik secara ekonomi, kesehatan maupun pendidikan.

“Tentunya untuk meningkatkan produksi pertanian, baik pada masa tanam maupun panen, sehingga dengan adnya akses jalan yang layak ekonomi warga makin meningkat,” kata dia.

Tambahnya, karena sesuai tataguna lahan berupa sawah mencapai 491 hektar, tentu saja produksi padi masih menjadi unggulan desa, meski untuk tanaman palawija juga turut menyumbang pendapatan warga.

“Untuk hasil kebun berupa buah-buahan, di desa kami mampu mencapai seratus ton lebih bila sedang musimnya,” urainya lagi.

Mendasar catatan, Desa yang berbatasan sebelah barat dengan Desa Mantingan, timur Pengkol, selatannya Desa Banyu Biru dan bagian utara Desa Sriwedari, mempunyai luas 829,661 Ha, serta jumlah penduduknya mencapai 7407 jiwa.

Untuk petani sendiri sejumlah 790 jiwa dan yang bermata pencaharian sebagai buruh tani mencapai dua ribu lebih jiwa.

Sedangkan untuk warga yang masuk kategori prasejahtera sekitar 454 KK, dan sesuai orbitasi, Desa Sambirejo memiliki jarak tempuh sekitar 30 Km menuju pusat pemerintahan kabupaten.
Pewarta: Kun/pAn
Editor: Kuncoro


Berita Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda