PEMBERITAHUAN KEPADA KHALAYAK UMUM: Berhubung maraknya SMS ataupun Telepon yang mengatasnamakan Blog Media Sinar Ngawi, yang isinya meminta-minta sesuatu, diharapkan untuk lebih waspada dan hati-hati dan tidak menanggapi hal tersebut
Custom Search

Rabu, 09 September 2020

Home > > Di Ngawi, Pamsimas Sebagai Wujud Fasilitas Air Minum Dan Sanitasi Yang Berkualitas

Di Ngawi, Pamsimas Sebagai Wujud Fasilitas Air Minum Dan Sanitasi Yang Berkualitas

Program Pamsimas Kabupaten Ngawi

SINAR NGAWI™ Ngawi-Masuk salah satu program andalan nasional, maka program Pamsimas diwujudkan sebagai akses perdesaan terhadap fasilitas air minum dan sanitasi yang layak yang berbasis kearifan lokal.

Sugianto, S. T., M.MKes, Kabid Kawasan Permukiman, Dinas PerKim Ngawi, mengatakan bahwa program Pamsimas III yang diadakan termasuk bertujuan untuk penjaringan desa sasaran Pamsimas untuk tahun 2021. 

 “Jadi untuk kriteria desa reguler diantaranya, belum pernah mendapatkan program Pamsimas, cakupan air minum dan sanitasi masih rendah,” terang dia. 

Tambahnya, sedang untuk kriteria desa hibah, yaitu untuk desa yang pernah mendapatkan Pamsimas, siap mengembangkan dan meningkatkan pelayanan SPAM dan akses sanitasi hingga 100%. 

“Untuk tahapan penjaringan desa sasaran program Pamsimas tahun 2021, setelah sosialisasi, tahapan proposal, penetapan calon desa sasaran, penyusunan dan evaluasi RKM, usulan desa sasaran ke pusat dan terakhir penetapan desa sasaran Pamsimas,” urainya lagi. 

Sementara desa sasaran pada Pamsimas tahun 2020 ini di Ngawi, terdapat 20 desa yang dilakukan perbaikan untuk penyediaan air minum dan sanitasi. 

Sedangkan sejak dimulai adanya program Pamsimas tahun 2014 yang lalu hingga tahun 2020 ini, setidaknya sudah 74 desa di Ngawi sudah terjamah oleh Pamsimas. 

“Dengan program Pamsimas III ini, maka bisa tercapai penyediaan air minum dan sanitasi yang berkualitas dapat meningkatkan tingkat kesehatan masyarakat,” pungklasnya.  

Pewarta: Mad/pan 

Editor : Kuncoro 

Copyright :SN/ADV Perkim Ngawi

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda