PEMBERITAHUAN KEPADA KHALAYAK UMUM: Berhubung maraknya SMS ataupun Telepon yang mengatasnamakan Blog Media Sinar Ngawi, yang isinya meminta-minta sesuatu, diharapkan untuk lebih waspada dan hati-hati dan tidak menanggapi hal tersebut
Custom Search

Selasa, 20 Oktober 2020

Home > > World Food Day, Dispertan Ngawi Apresiasi Petani Atas Keikutsertaan Asuransi UTP

World Food Day, Dispertan Ngawi Apresiasi Petani Atas Keikutsertaan Asuransi UTP

Dinas pertanian kabupaten Ngawi Jatim

SINAR NGAWI™ Ngawi-Dalam rangka Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 40, Dinas pertanian Ngawi berikan penghargaan kepada BPP Kostratani serta Poktan, sebagai bentuk apresiasi atas kelancaran program dari pemerintah.

Amirudin, Kabid Tanaman Pangan (TP), Dinas pertanian setempat mengatakan bahwa penghargaan diberikan kepoada BPP kostratani terbaik dalam keikutsertaan Poktan mengikuti Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) secara swadaya. 

“Juga kita memberikan penghargaan kepada Poktan terbaik dalam mengikuti AUTP secara swadaya,” kata dia. 

Tambahnya, Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Komando strategi petani (Kostratani) terbaik yaitu BPP/Kostratani Karangjati, dan untuk poktan (kelompok tani) yang diberikan penghargaan terbaik, yaitu poktan Ngudi Mulyo, yang diketuai Bandono dari Desa Dawung, Kecamatan Jogorogo.

Diterangkan pula, sektor pertanian padi dihadapkan pada risiko ketidakpastian yang cukup tinggi, yang mana selain akibat OTP ( Organisme Pengganggu Tanaman), maka kegagalan panen juga tak jarang disebabkan perubahan iklim seperti banjir maupun kekeringan. 

Maka asuransi pertanian sebagai bentuk manajemen risiko, yang mana dengan semakin banyakl kepesertaan petani dalam AUPT secara swadaya, maka dana juga semakin besar sebagai cadangan ketika terjadi puso. 

“Diharapkan, dengan penghargaan yang diberikan dapat menjadi motivasi bagi BPP Kostratani serta poktan yang lain, untuk berlomba-lomba melakukan hal yang terbaik,” pungkasnya.  

Pewarta: LiA
Editor : Kuncoro
Copyright : SN/Dispertan Ngawi


Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda