media online pemberitaan kabupaten ngawi
Diberdayakan oleh Blogger.
Custom Search

Rabu, 03 Februari 2021

Home > > Termin Pertama Dana Desa Di Ngawi Sudah Salur Tuntas di 213 Desa

Termin Pertama Dana Desa Di Ngawi Sudah Salur Tuntas di 213 Desa

Ngawi dalam berita hari ini dan terkini

SINAR NGAWI™ Ngawi-Guna sokong percepatan pemulihan ekonomi masyarakat akibat krisis kesehatan berupa pandemi Covid 19, masuk awal 2021, untuk DD (Dana Desa) tahap pertama telah salur semua ke 213 desa di Ngawi.

Fuad Misbahuddin Fahmi, Kabid Pemerintahan Desa, pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, (DPMD) Ngawi mengatakan bahwa anggaran DD (Dana Desa)) untuk tahun 2021 ini, ada skala prioritas tertentu. 

“Jadi untuk menentukan kegiatan DD tahun 2021,maka semua stakeholder yang ada di desa harus melakukan musyawarah dan memutuskan, kegiatan apa saja yang akan dilaksanakan pada skala prioritas,” terang dia. 

Tambahnya, dalam rangka percepatan pemulihan perekonomian secara nasional yang wajib dilakukan diantaranya kegiatan BLT (Bantuan Langsung Tunai) DD, serta kegiatan Padat Karya Tunai (PKT) desa. 

Diperoleh keterangan, untuk program BLT-DD, untuk di tahun 2021,dianggarkan sebesar Rp, 300 ribu per KPM (Kelarga Penerima Manfaat) selama 12 bulan di tahun berjalan (2021). Sedangkan program PKT desa, dengan skema 50% untuk upah tenaga kerja, sisanya untuk pembelian alat maupun barang sesuai program kegiatannya. 

Formulasi untuk penyaluran DD dibagi menjadi 3 tahapan, yaitu tahap pertama 40%, tahap kedua 40%, dan tahap ketiga 20%, sedangkan untuk 7 desa mandiri di Ngawi maka penyaluran DD hanya 2 tahap, yaitu tahap pertama 60% dan tahap kedua 40 %. 

“Karena penetapan APBdes yang sudah dilakukan beberapa waktu yang lalu dan DD tahap pertama yang sudah salur, maka diharapkan kegiatan-kegiatan prioritas segera direalisasikan,” pungkasnya. 

Pewarta: sAy
Editor : Kuncoro
Copyright : SNM


Berita Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda