PEMBERITAHUAN KEPADA KHALAYAK UMUM: Berhubung maraknya SMS ataupun Telepon yang mengatasnamakan Blog Media Sinar Ngawi, yang isinya meminta-minta sesuatu, diharapkan untuk lebih waspada dan hati-hati dan tidak menanggapi hal tersebut
Custom Search

Minggu, 30 Mei 2021

Home > > Tergabung Di Sanggar Rindu Malam, Generasi Milenial Ngawi Pelestari Musik Keroncong

Tergabung Di Sanggar Rindu Malam, Generasi Milenial Ngawi Pelestari Musik Keroncong

berita milenial pelestari keroncong

SINAR NGAWI™ Ngawi-Musik keroncong kembali eksis dan disukai berbagai kalangan, tidak hanya dari kalangan orang tua namun juga kaum milenial, dengan mengkreasikan lagu-lagu bergenre pop maupun yang lainnya.

Faris seorang pendiri dan pemilik sanggar keroncong Rindu Malam yang beralamatkan di jalan Kyai Mojo, Gang Laos, kelurahan Ketanggi Ngawi, mengakui kini banyak kalangan milenial yang masuk sanggar keroncongnya. 

“Anak didik sanggar keroncong datang dari berbagai jenjang pendidikan, mulai tingkat SD hingga SMA, dengan ketentuan pada jam-jam kosong sehingga tidak mengganggu jam pelajaran dan juga waktu ibadah,” kata dia. 

Tambahnya, yang dilakukannya pertama kali untuk mengenalkan dan mengajarkan musik keroncong kepada anak muda, dengan membawakan lagu yang menjadi trend anak muda. 

“Setelah anak muda menjadi suka atau maniak maka barulah diajarkan keroncong yang asli atau pakem. Selanjutnya jika belajar keroncong pakemnya sudah mahir, maka untuk eksplore lagu-lagu keroncong diserahkan kepada selera anak muda tersebut,” jlentrehnya. 

Dari mulai dari berdiri hingga sekarang, beberapa even keroncong pernah diikuti di tingkat nasional di Jakarta dan pernah mendapat penghargaan juara harapan 3, sedangkan even tingkat propinsi, tahun 2020 mengikuti lomba sendra tasik di Unesa serta 2021 ini mengikuti lomba di Universitas Telkom Bandung. 

Sementara, Naomi, salah satu anak didik tingkat SMA, mengaku tertarik dengan musik yang jarang digemari anak muda tersebut, dikarenakan sebenarnya jika musik keroncong ditekuni sebenarnya merupakan musik yang indah.

Selanjutnya diharapkan semakin banyak generasi muda yang lebih menyukai budaya asli Indonesia yaitu keroncong, dan Pemkab Ngawi diharapkan untuk mewadahi kecintaan generasi muda terhadap musik keroncong dengan memberikan kesempatan untuk tampil pada acara-acara di tingkat kabupaten. 

Pewarta: sAy
Editor : Kuncoro
Copyright : SNM


Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda