media online pemberitaan kabupaten ngawi
Diberdayakan oleh Blogger.
Custom Search

Minggu, 25 Juli 2021

Home > > Stabilkan Harga Gabah, Dispertan Ngawi Tawarkan Kerjasama Dengan Rekanan

Stabilkan Harga Gabah, Dispertan Ngawi Tawarkan Kerjasama Dengan Rekanan

Panen Padi Di Ngawi

SN-Media™ Ngawi-Panen padi untuk 19 kecamatan di Kabupaten Ngawi dipatikan telah selesai pada Musim Panen 2 (MP-2) tengah tahun 2021 dan kini memasuki Musim Tanam 3 (MT-3).

Amirudin, Kepala bidang tanaman pangan, Dinas Pertanian Ngawi mengatakan bahwa fenomena anjloknya harga gabah tiap kali panen raya, pihaknya melakukan beberapa langkah guna menstabilkan harga. 

“Kita melakukan kerjasama dengan rekanan, guna memfasilitasi proses mulai budidaya hingga panen dan pasca panen, sehingga harga gabah dapat stabil,” kata dia. 

Untuk jumlah kelompok tani yang tergabung dalam kerja sama dengan rekanan tersebut di Ngawi sejumlah 52 kelompok tani, dengan luasan areal pertanian 7.555 hektar, yang tersebar di 19 kecamatan di Ngawi. 

Selain itu, masih menurutnya, melalui kemitraan dengan rekanan, petani juga difasilitasi tentang cara budidaya yang baik dan benar, penggunaan pupuk yang benar dan berimbang, pengendalian OPT (Organisme Pengganggu Tanaman) serta panen dimasa fisiologis, yaitu memanen padi ketika padi di areal pertanian semua sudah tua dan menguning.  

Pewarta: sAy/Dam
Editor : Kuncoro
Copyright : SNM


Berita Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda