PEMBERITAHUAN KEPADA KHALAYAK UMUM: Berhubung maraknya SMS ataupun Telepon yang mengatasnamakan Blog Media Sinar Ngawi, yang isinya meminta-minta sesuatu, diharapkan untuk lebih waspada dan hati-hati dan tidak menanggapi hal tersebut
Custom Search

Rabu, 01 September 2021

Home > > Keberadaan Bank Sampah Mampu Ciptakan Lingkungan Bersih Dan Nyaman

Keberadaan Bank Sampah Mampu Ciptakan Lingkungan Bersih Dan Nyaman

bank sampah ngawi

SN-Media™ Ngawi-Pembatasan aktivitas masyarakat selama pandemi, ternyata menyebabkan produksi sampah rumah tangga makin meningkat. Sehingga perlu adnyaa pembinaan serta edukasi tatakelola sampah yang baik dan benar bagi masyarakat.

Dwi Rahayu Puspitaningrum, Kabid Pengelolaan Sampah Dan Limbah B3, pada Dinas Lingkungan Hidup Ngawi mengatakan, naiknya limbah rumah tangga harus diantisipasi dengan membentuk bank sampah yang dalam pengelolaannya melibatkan seluruh elemen masyarakat. 

“Salah satu binaan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Ngawi adalah Bank Sampah Sendang Ngumbul, yang mana telah mampu mengurangi sampah di lingkungan Desa Munggut Kecamatan Padas Ngawi meskipun ditengah pandemi,” kata dia 

Sejak awal berdiri, masih menurutnya, bank sampah ini menerima tabungan warga dalam bentuk sampah yaitu sampah anorganik, sedangkan sampah organik dikelola sendiri oleh warga. 

Sementara keberadaan bank sampah terus diminati warga. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan jumlah nasabah yang awalnya hanya 31 nasabah, sekarang telah meningkat menjadi 51 nasabah. 

“Selain masyarakat mendapatkan tambahan pemasukan dari sampah yang dikumpulkan, Bank sampah juga dapat dijadikan solusi guna mewujudkan lingkungan yang bersih dan nyaman bagi warganya,” pungkasnya. 

Pewarta: sAy
Editor : Kuncoro
Copyright : SNM


Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda