PEMBERITAHUAN KEPADA KHALAYAK UMUM: Berhubung maraknya SMS ataupun Telepon yang mengatasnamakan Blog Media Sinar Ngawi, yang isinya meminta-minta sesuatu, diharapkan untuk lebih waspada dan hati-hati dan tidak menanggapi hal tersebut
Custom Search

Selasa, 30 November 2021

Home > > Program Pekarangan Pangan Lestari Guna Ciptakan Ketahanan Pangan Keluarga

Program Pekarangan Pangan Lestari Guna Ciptakan Ketahanan Pangan Keluarga

P2L Kabupaten Ngawi

SN-Media™ Ngawi-Dengan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang budidaya pekarangan pangan lestari maka diharapkan kebutuhan pangan rumah tangga bisa beragam, bergizi seimbang dan aman.

Dengan peserta pelatihan berjumlah 50 orang terdiri dari anggota Kelompok Tani Rukun beserta Kader PKK Desa Geneng yang mengambil tempat di balai desa setempat, dalam melakukan budidaya Pekarangan Pangan Lestari (P2L), hal ini merupakan upaya untuk meningkatkan ketersediaan pangan yang beragam dan berbasis potensi sumber daya lokal. 

Kepala Dinas Pangan Dan Perikanan Ngawi, Bonadi, mempaparkan bahwa, pengoptimalan pemanfaatan lahan lahan pekarangan untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat guna mewujudkan hidup sehat, aktif dan produktif. 

 “Kegiatan P2L yang dilakukan oleh kelompok meliputi pembuatan kebun bibit dan demplot, kegiatan pertanaman, pasca panen sekaligus pemasaran,” terang dia. 

Terpisah, Ida Rosmala Dewi, Penyuluh Pertanian Desa Geneng dari Dinas Pertanian Ngawi, yang hadir sebagai narasumber menegaskan, Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah bertanggungjawab atas ketersediaan pangan di daerah dan pengembangan produksi pangan lokal. 

Pekarangan Pangan Lestari (P2L) merupakan program yang dikeluarkan pemerintah dalam rangka meningkatkan upaya meningkatkan ketersediaan, aksesibilitas, dan pemanfaatan pangan sekaligus meningkatkan pendapatan rumah tangga. 

“Selain untuk konsumsi rumah tangga, apabila terdapat kelebihan produksi dapat dijual sebagai tambahan pendapatan rumah tangga,” bebernya.  

Pewarta: TiM
Editor : Kuncoro
Copyright : SNM


Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda