media online pemberitaan kabupaten ngawi
Diberdayakan oleh Blogger.
Custom Search

Senin, 06 Desember 2021

Home > > Permudah Tata Kelola Aset Jaringan Irigasi Dengan Apliklasi e-PAKSI

Permudah Tata Kelola Aset Jaringan Irigasi Dengan Apliklasi e-PAKSI

Dinas PUPR Kabupaten Ngawi

SN-Media™ Ngawi-Mewujudkan ketahanan pangan dan energi, salah satunya dengan memaksimalkan kinerja air melalui operasi dan pemeliharaan irigasi secara satu kesatuan yang berbasis single management dengan memanfaatkan perkembangan informasi geospasial.

Mafthuh AffandI, Kepala Bidang Operasional, Pemeliharaan dan Bina Manfaat Dinas PUPR Ngawi mengatakan bahwa era digital seperti saat ini, dinas PUPR Ngawi memanfaatkan e-PAKSI (elektronik Pengelolaan Aset Kinerja Sistem Irigasi) yang berbasis android. 

Ditambahkannya, dengan e-PAKSI maka semua informasi pengairan di Ngawi, bisa diakses dengan mudah oleh petani, serta mempermudah petugas OP (Operasi dan Pemeliharaan) dalam mengelola irigasi secara aktual dan real time. 

“Jadi dalam pengelolaan irigasi dapat dilakukan secara menyeluruh dalam satu sistem baik dari data embung, sumber mata air, dan lokasi-lokasi pelayanan di unit pelaksana teknis daerah serta jumlah sumur dan lain-lain,” kata dia. 

Selain itu, sambungnya lagi, e-PAKSI juga sebagai sumber informasi, sehingga masyarakat mengetahui dan memahami kinerja dari pengairan, yang selanjutnya masyarakat dapat mencari informasi pengairan di Ngawi, termasuk menyampaikan aduan tentang permasalahan pengairan dan menyampaikan atau mengajukan proposal pengairan melalui e-proposal. 

Sementara aplikasi pengairan di Ngawi pada android, sampai dengan saat ini masih terus berproses untuk diperbaiki, sehingga kedepannya dapat membantu petani dan pihak terkait yang lain untuk meningkatkan pengairan di Ngawi.  

Pewarta: sAy/DaM
Editor : Ekti
Copyright : SNM


Berita Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda